Wonogiri Salah Satu Pemasok Produksi Cengkeh

0 126

infowonogiri.com-WONOGIRI-Dalam mendukung program Galakkan Penghijauan, Wonogiri Tanam 1 Juta Pohon serta program pengembangan kualitas dan produktivitas tanaman cengkeh, PT HM Sampoerna Tbk. telah menyerahkan 50 ribu bibit cengkeh siap tanam kepada petani cengkeh di daerah tersebut, dimana penyerahan tersebut disaksikan oleh Pemerintah Kabupaten Wonogiri.”. Hingga kemarin total bantuan telah mencapai  2,5 juta bibit cengkeh di tingkat nasional.

Penyerahan bibit cengkeh dilakukan lapangan Gunungan Kecamatan Manyaran dibarengkan dengan peringatan Bulan Menanam Nasional 2010 yang bertema “One Billion Indonesia Trees”. Manager Agronomi PT HM Sampoerna Tbk. Rusni Kartina mengatakan selain Wonogiri masih banyak wilayah di Indonesia yang dibantu bibit cengkeh.

“Di Wonogiri ini sudah kali kedua setelah tahun 2009 lalu, Wonogiri salah satu merupakan salah satu daerah pemasok produksi cengkeh,” ujar Rusni Kartini. Disebutkan Rusni, selain di Wonogiri, PT HM Sampoerna telah memberikan bantuan bibit cengkeh di Nangroe Aceh Darussalam, Lampung, Lombok, Manado, Batang, Banyumas, Karanganyar, Pacitan, Jombang, Malang, Jabar dan Sulsel.

Bibit yang diserahkan simbolis kepada Camat Manyaran Ristanti adalah bibit cengkeh unggul jenis Zanzibar. Pemberian bantuan didasarkan pada fakta di lapangan bahwa pohon cengkeh yang sudah lama ada di Wonogiri sudah waktunya diremajakan. Karena dari segi produktivitas dan kualitas sudah menurun. Baik menurun secara alami maupun karena pengaruh hama dan penyakit.

Terpisah Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Sri Jarwadi melaporkan, total bibit termasuk bantuan dari PT HM Sampoerna Tbk. mencapai 3.121.548 batang. Mulai dari bibit pohon jarak, tanaman buah, hingga tanaman kayu keras seperti jati dan sengon. Sementara Bupati Danar Rahmanto, melalui sambutannya, mengajak semua masyarakat peduli kelestarian hutan dan lingkungan. (bsr)

error: Content is protected !!