Wonogiri – Pacitan Lumpuh Akibat Bencana Alam

0 58

infowonogiri.com-WONOGIRI-Jalur Wonogiri -Pacitan Jawa Timur melalui wilayah Kecamatan Karangtengah lumpuh total. Penyebabnya jalur dari dan menuju Wonogiri-Pacitan tersebut tertimbun tebing longsor akibat bencana alam hujan deras berkepanjangan yang melanda wilayah Karantengah.

Tebing longsor itu setinggi 100 x 70 meter menutupi seluruh badan jalan di Dusun Ngumbul, Desa Purwoharjo, Kecamatan Karangtengah. Diperkirakan longsor terjadi pada Kamis (9/10) kemarin. Material longsoran sampai Jumat (10/12) kemarin belum berhasil disingkirkan. Sejak kemarin ratusan warga bekerja bhakti menyingkirkan material longsoran.

Namun kesulitan, sebab material longsoran berupa batu-batuan besar, pohon sengon tumbang, pinus, serta rumpun bamboo. Nah warga khwatir jika rumpun bamboo itu disingkirkan, justru terjadai bencana longsor susulan. “Kerja bahkti begini 2 bulan gak kelar, mas. Tetap butuh begho. Warga bisa datangkan begho tapi tak punya biaya operasionalnya,” terang Tarto (60).

Pengendara sepeda motor dan mobil yang akan menuju ke Pacitan atau sebaliknya dari Pacitan ke Wonogiri melalui jalan Karangtengah, tidak bisa melewati jalur tersebut. Jalur itu hanya bisa dilalui pejalan kaki. Solusinya melalui jalur alternatif, namun medan jalu alternative itu tanjakan dan turunannya curam, berkelok dan jalan makadam.(bsr)

error: Content is protected !!