Tiga Kamera CCTV Satlantas Polres Wonogiri Macet

0 95

WONOGIRI-Tiga camera Closed Circuit Televisien (CCTV) yang dipasang di tiga tempat, yakni di Barat Toserba Baru Wonogiri Kota, di Krisak Selogiri dan di pertigaan Ngadirojo Wonogiri macet, diduga karena mengalami kerusakan. Akibatnya upaya penggunaan teknologi canggih untuk memantau situasi keamanan dan ketertiban lalulitas terganggu atau tidak maksimal.

Itu dikemukakan oleh Kasatlantas Polres Wonogiri AKP M Ridwan mewakili Kapolres Wonogiri di Mapolres Wonogiri, Senin (20/12). Kerusakan itu, menurut Kasatlantas sudah sejak lama, namun hingga kemarin, kerusakan CCTV belum dibenahi. “Kita bayari terus jasa speedy-nya, tapi kameranya blank, tidak ada gambarnya, kita rugi bayarnya mahal itu, kita informasikan ke pihak ketiga tapi belum ditangani,” kata M Ridwan tanpa merinci berapa biaya pemasangan CCTV-nya.

*Pihak Polres merasa dirugikan oleh pemborong.

Dijelaskan, CCTV tersebut difungsikan untuk memantau keamanan dan ketetiban wilayah Wonogiri. Cara kerjanya, CCTV berfungsi untuk merekam gambar arus lalulintas ke tiga tempat tersebut, kemudian CCTV tersambung ke monitor ruang Satuan Fungsi Polres Wonogiri dan ke ruang khusus Kapolres Wonogiri.

Sementara itu, Kaur Binops Satlantas Polres mewakili Kasatlantas melaporkan, Satlatantas akan segera menggelar operasi Lilin Candi mulai 24 Desember sampai 3 Januari 2011. Operasi lilin bertjuan mengamankan kegiatan hari raya Natal dan tahun baru 2011. Perintah kapolres, seluruh satuan dilibatkan pengamanan tertutup dan terbuka di seluruh wilayah Polres Wonogiri. “Pos PAM Lilin Candi di depan pasar Kota dan di Ngadirojo. Pengamanan juga dilakukan di gereja yang akan melaksanakan misa natal,” tutur Kasatlantas.

Sebelumnya, Satlantas Polres Wonogiri telah menggelar kegiatan Operasi Patuh mulai 5-18 Desember. Antara lain Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli (Paturjawali), Pendidikan masyarakat (Dikmas), Penegakan Hukum (Gakum). Gakum menindak pelanggar sebanyak 1522 tilang. Pelanggaran light on 359 dan selebihnya pelanggaran SIM, Surat-Surat dan kelengkapan kendaraan dan helm sebanyak 1163 tilang.

“Selama digelar operasi patuh, terjadi lakalantas sebanyak 7 kali. Satu korban meninggal dunia, 2 korban luka berat dan 3 korban luka ringan,” lapora Ipda Surono SH. (bsr)

error: Content is protected !!