Rampok Blantik Sapi, 4 Tertangkap Ditembak 2 Lolos

0 49

WONOGIRI-Perampokan dengan sasaran blantik sapi kembali meletus di wilayah hokum Polres Wonogiri, Selasa (14/12) lalu. Beruntung tidak menbutuhkan waktu lama, kurang dari 1 x 24 jam empat pelaku perampokan berhasil diringkus, Rabu malam (15/12). Tiga dari empat pelaku diantaranya  dihadiahi timas panas, sayang dua pelaku lain berhasil kabur.

Empat dari enam pelaku yang diringkus adalah Larto Wiyono alias Kemis (50) warga Dusun Tanjung Desa Punduhsari Kecamatan Manyaran, Sugimin alias Sugito (50) warga Tunggul Desa Gunungan Kecamatan Manyaran, Kartono (43) warga Widoro Kidul Bendung, Semin Gunungkidul, Agus Yulianto alias Agus Tato (30) warga Popongan Karanganyar.

Kapolres Wonogiri AKBP Drs Nanang Avianto melalui Kasatreskrim AKP Sugiyo mengemukakan, perampokan itu terjadi di Dukuh Sambeng Desa Kepuh Kecamatan Manyaran Wonogiri. Korbannya bernama Wastini (46) blantik sapi warga Desa Pelem Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul DI Yogyakarta.

Aksi itu dipastikan telah dirancang sebelumnya. Saat korban bersepeda motor menuju ke pasar, dua pelaku membututi dengan sepeda motor. Sampai di tempat kejadian perkara (TKP), dua pelaku menempel lalu menendang motor korban. Sehingga korban hilang keseimbangan dan terjatuh dari motornya. Kala itulah pelaku turun merampas tas dan menginjak bagian tubuh korban yang hendak bangkit menyelamatkan diri.

Tas yang dibawa pelaku berisi uang Rp.18,5 juta, 2 buah HP, satu kalung emas 6 gram dan surat surat penting. Uang tersebut sedianya akan digunakan untuk belanja dagangan rajakaya. “Pelaku ekskutor naik sepeda motor RX King, dua pelaku lain menjadi penunjuk jalan dan dua pelaku lainnya lagi menghadang,” ujar Kapolres melalui Kasatreskrim.

Usai kejadian tersebut, korban melaporan ke Mapolsek Manyaran. Menindaklanjuti laporan, polisi langsung bergerak cepat, melakukan olah TKP dan melakukan pengejaran. Hasilnya mengarah kepada keempat pelaku. Satu persatu pelaku ditangkap di rumah dan di persembunyiannya. Tiga pelaku tertembak di kakinya, yakni Larto, Sugimin dan Agus. Dua pelaku minggat, namun sudah teridentifikasi.

Barang bukti hasil rampasan diamankan polisi, tiga sepeda motor Honda Grand AD 5077 FK, Yupiter (AD 5773 KZ dan RX King AD 3430 MB, tiga unit HP, bedil angin hasil pembelian dengan uang rampasan dan uang rampasan lain habis dibagi menjadi enam bagian. Tas tmpat uang yang dijambret pelaku belum ditemukan. (bsr)

error: Content is protected !!