Proyek DAK SDN 3 Sidoharjo Dimaling

0 73

infowonogiri.com-WONOGIRI-Material proyek pembangunan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang Pendidikan  untuk perpustakaan SDN  2 Mojoreno Kecamatan Sidoharjo dicuri maling, kemarin.  Material yang dimaling antara lain 30 batang kayu usuk dan beberapa alat  pertukangan. Akibat pencurian itu menyebabkan kerugian sekira Rp.3 juta. Informasi yang dihimpun koran ini dari Muspika Kecamatan Sidoharjo, mengemukakan  aksi pencurian itu diketahui Selasa pagi (30/11) lalu. Barang tersebut hilang  dari lokasi penyimpangan barang di halaman sekolah tersebut. Kali pertama  diektahui oleh mandor proyek, yakni Harno.

“Saat itu mandornya mau memulai pekerjaan, tahu tahu peralatannya tidak ada.  Setelah dicek ternyata usuknya juga pada hilang,” ujar Agus S perwakilan CV Duta  Teknik, seperti dilaporkan kepada Camat Sidoharjo Supardi. Perkara tersebut juga  sudah dilaporkan ke Kepolisian setempat dan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan  Sidoharjo. Kapolsek Sidoharjo AKP Untung S membenarkan pihaknya telah menerima laporan  tersebut. Kini pihak kepolisian tengah melakukan penyelidikan guna mengungkap  aksi pencurian tersebut. “Material dan alat pertukangan yang dicuri sempat  membuat pekerjaan terganggu,” kata Agus.

Disisi lain, Agus jujur mengakui, pihaknya kebingungan atas terjadinya pencurian  itu. Sebab, pengerjaan proyek DAK dibatasi waktu, 40 hari. Penyebab kebingungan  Agus tidak hanya karena terjadi pencurian, namun juga disebabkan karena sempat terjadi kelangkaan pasir Simping dari Gunung Merapi. Sejak terjadi bencana alam  Merapi pihaknya kesulitan mendapat pasokan pasir simping.

Ditambahkan, proyek DAK bidang pendidikan untuk gedung perpustakaan dianggarkan Rp.93,5 juta persekolah penerima DAK. Di Kabupaten Wonogiri proyek  DAK ada 96 SD dan 20 untuk SMP. Selain proyek fisik, juga dianggarkan DAK buku  dan sarana penunjang pendidikan, total DAK fisik dan Penunjang pendidikan  mencapai Rp.31 Miliar untuk SD dan Rp.7 Miliar untuk SMP. (bsr)

error: Content is protected !!