Penelitian Pelajar Wonogiri Diseminarkan

0 55

WONOGIRI-Untuk menjaring dan mewadahi aktivitas penelitian dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) di masyarakat, Kantor Litbang Iptek Kabupaten Wonogiri menggelar seminar IPTEKDA 2010, di Ruang Data Setda Wonogiri, Sabtu (11/12).

Seminar diikuti oleh unsur SKPD, Kepala Sekolah, Guru Pembimbing Kelompok Ilmiah Remaja, dan Peneliti se-Kabupaten Wonogiri. Seminar dibuka oleh Plt Sekretaris Daerah, Sutanto Djosowijatmo, SH. Saat itu dipresentasikan hasil temuan inovatif dan kreatif hasil seleksi IPTEKDA 2010.

Kepala Kantor Litbang Iptek, Puji Santoso mengatakan pada tahun 2010 ini ada 13 proposal yang diikutsertakan dalam seleksi IPTEKDA. Proposal diajukan masyarakat umum, SMA, dan SMK. Ada 8 dari 13 proposal penelitian yang layak didanai oleh Pengembangan IPTEKDA. Proposal penelitian diseminarkan untuk dinilai oleh tenaga ahli UNS, Prof. Dr. Ir. Sri handayani, MS dan Dwi Aries Himawanto, ST, MT.

Delapan proposal penelitian itu adalah pemanfaatan sampah/limbah pertanian untuk pembuatan pupuk kompos menggunakan biostater tradisional, pemanfaatan buah mahoni sebagai bahan pengawet kayu, pemanfaatan limbah tahu untuk pembuatan bioetanol, uji farmakologi tumbuhan binahong sebagai penyembuh luka, pemanfaatan limbah kertas sebagai bahan alternatif pembuatan genteng, nugget belut, mie kesehatan daun sembukan, serta lampu hemat energi dari sampah korek api. (bsr)

error: Content is protected !!