Pemilihan Ketua RT 03 /01 Bahuresan

0 63

infowonogiri.com-WONOGIRI- Minggu (5/12) kemarin menjadi hari yang bersejarah bagi 99 orang warga Lingkungan Bahuresan RT 03 RW 01 Kelurahan Giritirto Kecamatan/Kabupaten Wonogiri. Pada hari itu, mereka menggelar Pemilihan Umum Ketua eRTe (Pilkate). Namun Pilkate disana tampa kandidat satupun. Artinya semua warga dewasa pria maupun wanita mempunyai hak dipilih dan memilih. Pemenangnya ditentukan oleh raihan suara terbanyak tampa bisa menolak apapun alasannya.

Laiknya pemilu pada umumnya, Pilkate juga dibentuk panitia pemungutan suara. Sehari sebelumnya, panitia menyebarkan undangan Pilkate untuk 99 calon pemilih. Ke 99 pemilih dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok ayah atau kepala rumah tangga ada 37 pemilih, kelompok ibu ada 46 pemilih, kelompok Karangtaruna King Pasta (Wingking Pasar Kota) ada 20 pemilih.

Pilkate dilaksanakan di rumah Ketua RT lama Lilik Suwadi. Rumahnya terletak di sebuah gank sempit di sisi barat Pasar Kota Wonogiri. Di bibir gank masuk, tertulis papan penunjuk arah, ditulisi “Te Pe eS” (Tempat Penulisan Suara). Kursi halaman yang berukuran sekira 1,5m x 3 meter itu tertata meja kursi tamu calon pemilih. Tersedia pula gelas berisi air coklat dan kardus makanan warna putih.

Di dinding lokasi Peilkate, juga dipasangi kertas yang bertuliskan sosialisasi Pilkate, jumlah daftar pemilih Panitia dan tata tertib Pilkate. Terlihat ada beberapa panitia bertugas di meja pendaftaran, menjaga bilik suara dan kotak suara berbahan kardus. Petugas lain memanggil nama calon pemilih. “Jangan lupa mbah, bar nyoblos jarinya dimasukkan ke botol tinta,” ujar panitia.

Berangsur angsur Pilakte rampung. Proses memilih pemimpin pemerintahan terendah itu berjalan lancer aman dan demokratis tampa riak kisruh sedikitpun. Tepat pukul 13.00 kotak suara dibuka dan dihitung. Proses perhitungan surat suara disaksikan oleh panitia dan warga setempat.

Hasilnya Lilik Siswandi meraih dukungan terbanyak dengan 36 suara, kedua Andriyanto 18 suara Muryadi 9 suara. Total pemilih yang hadir ada 80 suara, tidak hadir 19 suara, suara sah 72 suara 8 suara. Dengan demikian Lilik Suwardi dinyatakan sebagai pemenang Pilkate. Dia akan menjabat kembali sebagai Ketua RT 03 periode 2010-2013.

Setelah dinyatakan menang, Lilik berhak untuk menentukan cabinetnya, yaitu Wakil Ketua, Sekretaris dan Bendahara, berhak juga atas rumah dinas dan kendaraan dinas yang dulu pernah menjadi fasilitasnya, yaitu rumah dan kendaraan pribadi. “Ketua RT disini entuk mangan, entuk belanja, entuk jagong dan lainnya,” katanya.(bsr)

error: Content is protected !!