Kripik Kimpul Wonogiri Jadi Klangenan Warga Yogyakarta

1 80

WONOGIRI-Jika melintas di Desa Basuhan, Kecamatan Eromoko mampir dan carilah kripik Kimpul yang renyah dan gurih. Kripik Kimpul adalah makanan ringan berbentuk criping berbahan Tales Kimpul atau yang cukup dikenal dengan sebutan Enthik.

Ibu Karinem adalah salah satu pemilik home industri Kripik Kimpul di Dusun Salam Desa Basuhan Eromoko. Dia setiap hari memropduksi kripik kimpul sebanyak 50 kilogram tales. Dari tales sebanyak itu bisa meraup uang Rp.500 ribu dari 500 bungkus kripik perhari. Dia jajakan di wilayah Eromoko dan ke Ponjong Yogyakarta.

Cara membuatnya, tales dikupas dan dipasah/diiris. Lalu direndam air dalam bak. Setelah teriris semua kimpul irisan digoreng dengan minyak mendidih. Pada saat gorengan setengah matang masukan bumbu blenderan. Bumbunya antara lain bawang, brambang dan penyedap rasa atau penyedap kreasi sendiri.

Pastikan minyaknya segar bukan jelantah dan dalam jumlah banyak, minimal 7 kilogram minyak untuk menggoreng 50kg tales irisan. Setelah matang angkat dan tiriskan. Agar tetap renyah segera bungkus setelah dingin dan minyak telaha mongering, dan kemaslah dengan plastik tebal dan transparan.

Penganan Kripik Kimpul ini tergolong berkarbohidrat tinggi yang bisa disajikan setiap kapanpun, baik acara resmi maupun santai. Kripik ini pun pernah disuguhkan untuk tami istimewa, yakni Bupati Wonogiri Danar Rahmanto saat melakukan kunjungan kerja 22 Desember silam. (bsr)

error: Content is protected !!