Bupati Wonogiri Disuguh Setan Kober

1 46

WONOGIRI-Kunjungan Bupati Wonogiri pada acara “Gugah Desa” sulit menghindari suguhan Setan Kober. Pasalnya Setan Kober telah disuguhkan di meja tamu Bupati maupun meja tamu undangan lain yang telah ditata oleh panitia di pendopo Kantor Balai Desa Sumberagung Kecamatan Pracimantoro, Selasa (21/12).

Demikian juga tamu undangan lain, ada Wakil Bupati Yuli Handoko, Ketua DPRD Wonogiri Wawan Setyo Nugroho, tiga anggota DPRD Wonogiri Novri Roesmono, Sugiyarto, Direktur Perusda PDAM Giritirta Sari Wonogiri H Sumadi dan sejumlah tamu penting lainnya. Bahkan Setan Kober dipajang di stan meja stan makanan kerajinan karya warga Desa Sumbergagung.

Camat Pracimantoro Kuswandi dalam sambutannya, sempat menjelaskan apa itu Setan Kober. Setan Kober adalah kependekan dari Senthe Ketan Kelopo dan Beras. Setan kober sejenis penganan dodol atau jenang atau gethuk. Berbahan tales/senthe, tepung ketan, santan kelapa dan beras murni. “Setan Kober di sini ada dua jenis. Berbahan gula merah dan berbahan gula pasir, semua enak. tergantung selera,” kata Kuswandi.

Sementara Ny Sularmiyatin Kuswandi menambahkan, Setan Kober sudah lama di Pracimantoro, Diproduksi oleh tim PKK Kecamatan Pracimantoro. Namun Setan Kober kurang dikenal oleh masyarakat luas. Karena Setan Kober jarang disuguhkan pada acara besar kepemerintahan. “Dinamai Setan Kober, karena tales dipegang saja gatel, tetapi ternyata bisa diolah menjadi makanan yang enak,” ujar.

Setan Kober karya warga Pracimantoro dikemas dengan kertas minyak. Di bagian luar kemasan ditulisi dengan kertas print-out. Tampak belum dikemas seperti kue dodol di daerah lain. Nyi Kuswandi mengakui, produk ini belum dikemas secara professional. Kedepan Setan Kober rencananya akan diproduksi masal dan dipasarkan secara luas. (bsr)

error: Content is protected !!