50 KIM dan 25 Petugas Pos Pedesaan Dibantu Dana

1 65

infowonogiri.com–WONOGIRI-Sebanyak 50 KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) dan 25 Pos Pedesaan se Kabupaten Wonogiri mendapatkan dana stimulan dari dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Kabupaten Wonogiri.

Per-KIM mendapatkan dana Rp.250 ribu dan per-Pos Pedesaan mendapat dana Rp 50 ribu, penyerahan bantuan pada acara Fasilitasi KIM, LKM, LKMT dan Petugas Pos Pedesaan se Wonogiri, di Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Jumat (10/12).

Keberadaan KIM dan Petugas Pos Pedesaan merupakan upaya merealisasikan amanat UU no 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. KIM diharapkan berfungsi sebagai wahana informasi dan mitra dialog dengan pemerintah dalam merumuskan kebijakan publik.

Kabid Kominfo Joko Irianto mengatakan, KIM dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat. Orientasi KIM pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat. KIM dapat diselenggarakan oleh Karang Taruna, Kelompok Usaha Produktif atau lembaga publik lainnya.

Syaratnya, lembaga yang ada telah memiliki susunan kepengurusan yang terdiri dari penasehat, ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan koordinator bidang pengumpulan dan pengolahan informasi, bidang penyebaran informasi, memiliki stempel dan papan nama lembaga.

“KIM terbentuk atas kemauan dari anggota. KIM diharapkan bisa mandiri dengan usaha produkif, ” tegas Joko. Sementara Joko Suprihanto, Kasie Postel menambahkan, pembentukan Pos Pedesaan ini bertujuan untuk mempercepat proses informasi dari pemerintah ke tempat terpencil. (bsr)

error: Content is protected !!