Wonogiri-Pacitan akan Dibangun Jalur Kereta Api

4 394

GGLINK-NEWS-WONOGIRI- Pemerintah Pusat berencana akan membangun jalur kereta api (KA) baru dari Kabupaten Wonogiri ke Kabupaten Pacitan. Rencana pembangunan jalur baru tersebut PT KA Daerah Operasional (DAOP) IV Jogjakarta mulai berbenah diri menyiapkan sarana dan prasarana penunjang.

Humas PT KA Daop VI Eko Budiyanto mengemukakan jalur rel KA di Wonogiri menuju Kecamatan Baturetno sudah ada jalur keratanya, yaitu jalur lama, namun dari Wonogiri ke Baturetno terputus akibat tenggelam oleh proyek perairan Waduk Gajah Mungkur.

Untuk membangun jalur baru Baturetno ke Pacitan, pemerintah harus membuatkan jalur baru berjarak sekira 60 km. “Kami menyambut baik niat pemerintah membuat jalur baru kereta api. Berarti pemerintah peduli angkutan massal,” ujar Eko. Namun program itu masih digodok satuan kerja (Satker) Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Realisasi program tersebut belum diketahui, menunggu instruksi dari pemerintah pusat. Proses rencana pembangunan jalur baru kereta api Wonogiri-Pacitan juga tidak disampaikan. Eko hanya sedikit menyinggung jalur Wonogiri-Baturetno yang telah hilang tenggelam oleh WGM rencana akan ditelusuri jejaknya.


Nah pertanyaan, apakah jalur lama kereta api Wonogiri – Baturetno di akan dihidupkan kembali? Padahal jalur tersebut sudah tenggelam oleh genangan air WGM yang berkedalaman puluhan meter? Jika dibangun jalur baru, maka pembangunan harus menembus daerah pegunungan, bukit, jurang dan sungai yang banyak berada di wilayah Wonogiri?.

Ditambahkan Eko, jika jalur itu sudah dibuat, Daop VI akan menyiapkan kereta api menuju kota kelahiran Presiden SBY, Pacitan. Jenis kereta dan lokomotifnya belum dibocori. Pihaknya masih memaksimalkan KA Feeder jurusan Solo-Wonogiri Pergi Pulang. ([email protected])

error: Content is protected !!