Wonogiri Diguncang Gempa Bumi

0 87

infowonogiri.com-WONOGIRI-Bumi Wonogiri diguncang gempa bumi, pukul 14.03 Selasa (9/11). Meski gempa bumi hanya berlangsung 5 detik namun cukup mengejutkan banyak orang. Seperti yang dirasakan oleh beberapa staf PKK, Humas dan Santel Setda Kabupaten Wonogiri.
Sebagian PNS yang berada di dalam ruang keluar ruangan, karena khawatir terjadai bencana alam. Namun gempa bumi itu hanya sebentar saja lalu PNS masuk ruangan kembali. “Guncangannya sangat terasa, gempa bumi dari mana yah, apa ada kaitannya dengan letusan gunung merapi,” ujar Pangat warga Wonogiri.

Terpisah, Bagian Data dan Informasi Stasiun Geofisika Yogyakarta Berta Yudhiastuti membenarkan telah terjadi gempa bumi. Gempa bumi terjadi pukul 14.03 WIB yang berada di laut 125 km barat daya Bantul, Yogyakarta. Getaran berlangsung 3-5 detik berkekuatan 5,6 Skala Richter (SR).

Dampak dari gempa tersebut beberapa kota di sekitar DIY bergetar. Seperti di Provinsi DIY, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Surakarta, Pacitan dan Trenggalek. Adanya gempa ini tidak berdampak menimbulkan tsunami. Sebab, kekuatannya tidak mencapai 7 SR. “Tidak sampai menimbulkan tsunami. Masyarakat gak perlu panik dan khawatir,” katanya.

Gempa tersebut terjadi akibat pertumbukan lempeng tektonik antara Indo-Australia dan Eurasia. Gempa sebesar itu hanya mampu menggoyang bangunan skala kecil. Dan tidak mampu menggoyang bangunan berpondasi besar dan kokoh. “Sampai Selasa petang belum ada laporan kerusakan,” pungkasnya(bsr)

error: Content is protected !!