Radio GGLink & PMI Galang Dana

0 36

infowonogiri.com-WONOGIRI-Erupsi Letusan Merapi belum ada tanda tanda akan berhenti. Bahkan cuaca di sekitar DI Jogjakarta, Kabupaten Klaten, Soloraya dan sekitarnya kian memburuk. Jumlah korban berjatuhan terus bertambah dan kian parah.

Data terakhir Jumat (5/11/10) sebanyak 45 orang meninggal dunia, ribuan anak dan orang tua menderita gangguan saluran pernapasan, kulit dan mata. Puluhan orang dinyatakan stress, lima orang diantaranya positif dinyatakan gila.

Masyarakat Wonogiri harus peduli. Rakyat Indonesia harus tergugah. Dalam rangka meringankan luka dan derita mereka, Lembaga Penyiaran Komunitas (LPK) Radio Gunung Gandul Link (GGL) 107.6 FM bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Wonogiri menggalang dana kemanusiaan.

Dana bisa disalurkan melalui Nomor Rekening Radio GGL melalui BRI Cabang Wonogiri; 0158-01-002719-53-3 dan atau Pimpinan Radio GGL Bank melalui Bank Mandiri Nomor Rekening 138.00-0464672-0.

Kepala Kantor PMI Cabang Wonogiri Wardjo berharap berbagai elemen kelompok Masyarakat Wonogiri tergugah menggalang dana sendiri. Namun jika dana bantuan sudah terkumpul disarankan agar bantuan dana diserahkan kepada lembaga resmi.

Seperti lembaga PMI (Palang Merah Indonesia), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten/Kota dan Satlak PB (Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana). Wardjo menyarankan donator tidak menyerahkan bantuan langsung ke masyarakat calon penerima bantuan.

“Seluruh korban bencana alam sekarang terkonsentrasi di banyak titik, misalnya di Pendopo Kabupaten, Kecamatan, tempat ibadah dan fasilitas umum dan sebagian di rumah sakit pemerintah. Lembaga resmi itulah yang tahu distribusi bantuan uang maupun barang,” kata Wardjo.

Jika masyarakat bertekad ingin menyerahkan langsung bantuan, tetap diperbolehkan, namun disarankan agar tetap melibatkan lembaga resmi yang ada. “Silahkan bantuan bisa disalurkan langsung ke masyarakat, tetapi lebih baik tetap didampingi lembaga resmi, bersama sama ke sana,” pungkasnya. Wardjo melaporkan, saat ini PMI Wonogiri telah mengirimkan 45 relawan. (bsr)

error: Content is protected !!