Penanaman Se-Milyar Pohon Berhadiah Motor

0 27

infowonogiri.com-WONOGIRI-Komandan Kodim 0728 Wonogiri Letkol Invantri Murdjoko memimpin Pencanangan Gerakan Menanam Satu Milyar Pohon Trembesi di Kabupaten Wonogiri, di tepi Wadug Gajah Mungkur Grobog Wonogiri Kota, Selasa (30/11). Murdjoko mengemukakan, program ini merupakan instruksi dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Propinsi kepada pemerintah daerah Kabupaten/Kota. Penanaman pohon diarahkan dilakukan tersebar ke seluruh Kecamatan se Wonogiri. Panitia menyediakan bibit trembesi sebanyak 4.915 batang. Bibit pohon bantuan dari Danrem Warastratama dan pembibitan sendiri.

“Sesuai perintah Pangdam, Danrem dan Korem. Kita tindaklanjuti serentak mulai hari ini di Wonogiri Kota dilanjutkan ke seluruh Koramil se Wonogiri,” tandas Murdjoko. Penanaman diarahkan di lokasi sabuk hijau, turus jalan, kawasan mata air, dan Daerah Aliran Sungai (DAS), Lahan Kritis dan Kawasan Perkantoran.

Alas an dipilih jenis pohon trembesi, menurut Murdjoko, pohon trembesi mampu bertahan hidup ratusan tahun, mampu menyerap banyak oksigen dan dedaunannya lebat dan rindang, serta mudah dalam perawatanya.  Acara ini dihadiri oleh pejabat Muspida. Ketua DPRD, Kapolres, Kajari, dan Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri.


Danar dalam sambutannya menyatakan sangat apresiatif dan hormat atas terselenggaranya gerakan tanam pohon itu. Bupati berpesan, penanaman pohon ini tidak akan berarti, manakala tidak ditindaklanjuti dengan perwatawan serius. Gerakan ini juga merupakan wujud menjaga dan mencintai lingkungan. Harapannya gerakan ini akan memperlambat ancaman terjadinya pemanasan global.

Danar sempat menyentil kegiatan yang digelar di lapangan tepi WGM itu. Di lapangan itu terpajang berbagai jenis sepeda motor baru merk Yamaha, puluhan karyawan Yamaha Sibuk tampak sibuk. “Ini kegiatan menanam pohon berhadiah motor, atau apa yah saya gak tahu nih, kok banyak sekali sepeda motor,” kata Danar disambut tertawa hadirin. (bsr)

error: Content is protected !!