Kereta Kuno Solo – Wonogiri Segera Diganti Modern

0 95

infowonogiri.com-WONOGIRI-Kereta kuno sejenis Feeder jurusan Solo – Wonogiri atau sebaliknya jurusan Wonogiri – Solo rencananya akan segera diganti dengan kereta modern sejenis Reel Bus (RB). RB direncanakan akan dioperasikan pada 2011 mendatang.

Pejabat Humas PT KA Daop VI Eko Budiyanto menjelaskan, proyek tersebut masuk pada Satuan Kerja Lintas Selatan Jawa yang digagas Menteri Perhubungan RI, antara lain termasuk wilayah Kabupaten Wonogiri, Sukoharjo dan Purwosari Solo Kota. Dalam rangka menyongsong rencana proyek tersebut, pihaknya telah memulai membangun lintasan KA Purwosari-Wonogiri.

Antara lain membangun lintasan jembatan KA, mengganti rel KA, semula berukuran R32 diganti menjadi R48. Bantalan kayu diganti dengan bantalan bethon. “Ukuran R 48 artinya, rel tersebut mempunyai kemampuan menahan beban 48 kg permeternya. Semakin tinggi R-nya maka semakin kualifaid,” terang Eko by phone.

Dijelaskan, tujuan pembangunan lintas KA itu adalah dalam rangka keamanan dan kenyamanan transportasi masal. Tujuan lain, dalam rangka mendukung kelancaran operasional KA. Sehingga jarak Wonogiri-Solo 40 KG dapat ditempuh lebih cepat tepat dan aman. “Ke depan, Masyarakat Wonogiri yang mobilitas ekonominya cukup tinggi bisa memanfaatkan fasilitas tranportasi masal,” tadasnya.(bsr)

error: Content is protected !!