Dibangun Jalan Baru Menuju Pantai Kalimerah Paranggupito

0 205

infowonogiri.com-WONOGIRI-Bupati Wonogiri Danar Rahmanto meresmikan pembukaan jalan baru di Desa Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito, Jumat (12/11). Jalan tersebut dibangun dari Dusun Dawung menuju Pantai Kalimerah Paranggupito. Jalan baru tersebut dibangun dengan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MP) 2010 di Parangupito.

“Yang diperlukan saat ini adalah membuka akses selebar lebarnya bagi pemberdayaan potensi di masyarakat, memberikan otoritas pihak yang memiliki keahlian dan ketrampilan untuk berpartisipasi secara aktif dan luas dalam pembangunan, sehingga mampu bersinergi untuk mencapai hasil yang terbaik,” kata Danar.


Sementara Ferdy Kustiawan, Fasilitator Teknik PNPM MP Paranggupito, melaporkan lahan baru untuk jalan baru tersebut awalnya merupakan hutan yang luas dengan bebatuan sebagai jalan utama. “Dibukanya jalan baru ini untuk mempermudah akses perekonomian warga,” lapornya.

Selama ini akses jalan menuju Pantai Kalimerah belum ada sebelumnya. Mulai 2008, hutan tersebut dibuat jalan baru berjarak 2 kilometer. Hingga tahun ini, jalan baru menuju Pantai Kalimerah sudah terealisasi sepanjang 1,5 kilometer. Sisanya sedang digarap di tahun ini.

Dilaporkan juga Unit Pengelolaan Kegiatan (UPK) PNPM-MP Kecamatan Paranggupito mengalami surplus selama tiga tahun berturut-turut, yang dialokasikan untuk Rumah Tangga Miskin (RTM). Surplus 2009 sebesar Rp 216.836.000,- dan dialokasikan untuk RTM Rp.60.550.000,- diwujudkan dalam bentuk subsidi rehabilitasi rumah sehat untuk 32 RTM dan bantuan beras untuk 240 RTM masing-masing 5 kilogram.(bsr)

error: Content is protected !!