Beredar Minuman Kemasan Belum Berijin

0 32

GGLINK-NEWS-WONOGIRI- Di wilayah Wonogiri Kota beredar air mineral dalam kemasan botol plastic. Untuk takaran botol 600 mili dijual seharga Rp.3000,- perbotol. Kemasan botol tersebut mirip dengan air mineral merek lain yang lebih dulu beredar dan terkenal.Botolnya berwarna bening jernih. Di dalam botol berisi air jernih. Tutupnya berwarna kuning. Dalam kemasan tepajang merek Sonrow, namun tidak dicantumkan alamat perusahaannya. Dibawahnya tertulis Free Drug Therapy. By fresh water. Sonrow mengklaim bukan sekedar air minum biasa. Di bagian lain tertulis rahasia umur panjang.

Terdapat pula tulisan halal. Namun tulisan “halal” berbeda dengan kemasan air mineral pada umumnya. Air mineral lain lebel “halal” bertuliskan huruf arab yang diterbitkan oleh Majlis Ulama Indonesia (MUI). Di bagian lain juga tertulis “Dinkes; No 443.5/735/2010”.
Pada bagian lain disebutkan rahasia umur panjang adalah minum air sehat. Disebutkan pula air sumber alami yang telah diproses dengan teknologi osmosis menjadi air minum berkualitas tinggi bebas pencemaran organic dan unorganik, molekul airnya diaktifkan dengan cahaya infra merah jauh menjadi berenergi, baik sekali untuk terapi pengobatan berbagai penyakit.

Purwadi memperhatikan botol minumanKepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) dr AUG Djarot Budiharso melalui Seksi Penyakit Lingkungan Purwadi menegaskan, Seksi PL tidak pernah memberikan ijin terhadap produk air mineral Sonrow. Stiker Dinkes; No 443.5/735/2010 yang terpasang di botol kemasan disebutkan bukan nomor perijinan dari DKK, juga bukan nomor rekomendasi dari DKK. “Itu nomor surat keluar,” katanya.

Namun Purwadi mengakui pernah melakukan pemeriksaan terhadap air mineral yang diproduksi oleh Sonrow. “DKK sudah melakukan pemeriksaan tehadap kandungan air mineral Sonrow pada Maret lalu. Hasilnya air mineral itu memenuhi syarat sebagai air minum. Indikasinya bakteriologis/bakteri coli nol (0). Total colifecalnya/pencemaran tinja juga nol (0),” ujar Purwadi.

Terpisah Kepala Kantor Pelayanan dan Perijinan Terpadu (KPPT) Sriyanto melalui Kasinya Bambang Tri menyatakan belum pernah menerima permohonan perijinan dari air mineral merk Sonrow. “Kita belum pernah menerima permohonan ijin air mineral Sonrow. Tidak ada itu,” tegasnya.([email protected])

error: Content is protected !!