Ratusan Warga Giriwoyo Terisolir di Gunung Wangun

0 162

GGLINK-NEWS-WONOGIRI-Sebanyak 45 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar ratusan orang warga penduduk Kecamatan Giriwoyo masih ada yang terisolir. Mereka tinggal di kawasan bukit, tebing, lembah dan daerah pegunungan yang berbatasan dengan Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Daerah tersebut bernama Dusun Gunung Wangun berada di Desa Gedongrejo Kecamatan Giriwoyo.

Saking beratnya medan geografis di sana, sampai saat ini warga setempat belum bisa merasakan nikmatnya stroom listrik, maksudanya sarana PLN. “Jangankan PLN, sepeda motor saja masih kesulitan sampai di sana,” ujar Camat Giriwoyo melalui Sekcam Heri Indrasetyono, Rabu (20/10) usai mengikuti Diklat di Bapeda Wonogiri.

Heri menceritakan, sepeda motor (ojek) baru naik sampai ke Dusun Gunung Wangun baru baru ini, setelah Camat Giriwoyo –Drs Sunyoto MHum- menggerakkan masyarakat swadaya meledakkan tebing batu pegunungan dengan tujuan mengurangi curam, meratakan dan melebarkan sebagai sarana jalan umum. “Itu saja sampai kini mobil belum bisa naik, baru motor itupun kesulitan,” katanya.

Solusi untuk mengatasi terisolirnya warga Dusun Gunung Wangun, mereka menggunakan lampu teplok berbahan bakar minyak sebagai lampu penerang malam hari. Ironisnya warga kesulitan mendapatkan BBM itu. Cara lain, warga terpaksa patungan/umbruk membeli kabel untuk menyalurkan lsitrik ke warga Desa tetangga. Istilahnya banthol. Jauhnya mencapai 5 kilometer.

Bagaimana nasib pendidikan anak anak mereka? “Mereka tetap bersekolah. Di sana ada dua SD. Sekolah lanjutan tidak ada. Jika mau melanjutkan harus pergi ke luar Desa dan Kota,” tutur Sekcam. Dia menambahkan, sebagian warganya hidup bertani palawija. (bsr)

Hair Cut Salon In Dubai For Best Hair Styling

error: Content is protected !!