Demi Dongkrak PAD Disarankan Naikkan Tarif Retribusi

0 55

infowonogiri.com-WONOGIRI-Ini ide dari Bupati Begug Poernomosidi. Boleh dilaksanakan boleh tidak. Dia menyarankan agar Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) menaikkan tariff tiket masuk di setiap lokasi wisata yang ada di Wonogiri. Tujuannya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sector pariwisata.

Ide itu dikemukakan Begug Poernomosidi ketika mengunjungi loka wisata Sendang Asri WGM Wonogiri, Jumat (29/10). “Tidak usah menunggu Perda (peraturan daerah), bila dirasa tarif tiket masuk sudah tidak sesuai dengan keadaan terkini langsung dinaikkan saja. Nantinya Perda biar yang menyeseuaikan. Itu demi pendapatan daerah meningkat,” ujar Begug.

www.zoomproperty.com

Begug menyontohkan, menaikan tariff sebelum ada Perda-nya pernah dilakukan di Wisata Air Terjun Setren Girimanik, Slogohimo. “Meski belum ada Perda, tiket masuk dinaikkan. Mengelola wisata perlu dana. Kalau menunggu Perda dulu itu sama dengan tidak kreatif,” jelas Begug di hadapan Kepala Disbudparpora Bambang Haryadi didampingi Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Sendang Asri WGM Wonogiri Agus Tri Hari Mulyanto. Namun kedua pejabat tersebut belum menanggapinya.

Begug kemudian mengunjungi lokasi prahu-perahu wisata ditambatkan di tepi Waduk. Perahu-perahu itu dikabarkan bantuan dari Begug beberapa tahun lalu. Begug menyarankan jika perahu perahu itu sudah tidak menghasilkan uang banyak, agar disumbangkan kepada para pengelola perahu itu.

Helmii

Bambang Haryadi melaporkan lima perahu yang dikelola Pemda justru menghasilkan pendapatan melebihi target yang ditetapkan. Tahun 2010 ditarget Rp.4 juta. Sampai Oktober pendapatan sudah mencapai Rp.8 juta. “Pendapatan dari lima perahu sudah melebihi target, padahal baru sampai Oktober sudah dapat Rp.8,150 juta,” kata Bambang.(bsr)

error: Content is protected !!