Demam Berdarah Mewabah Kawasan Mewah Wonokarto

0 66

GGLINK-NEWS-WONOGIRI-Kawasan perumahan mewah di Wonokarto Wonogiri sedang mewabah demam berdarah (DB). Dalam dua pecan terakhir dilaporkan di lingkungan RT 01 RW 02 Wonokarto sedikitnya ada lima orang warga yang terindikasi terserang DB.

Mereka kebanyakan anak anak dan remaja. Warga berharap Pemda turun menanggulangi agar korban tidak bertambah jumlah DB, labih jauh agar tidak membawa korban jiwa. Misalnya dengan fogging. Seperti dikemukakan oleh Ketua RT 01 RW 02 Wonokarto, Hardiyanto, Selasa (12/10).

“Sekitar dua pecan ini, sudah ada lima anak kena DB. Bahkan sekeluarga anaknya kena DB semua. Korban kebanyakan dirawat di rumah sakit di Solo,” ujar Hardiyanto, kepada wartawan. Sebagai mantan ketua RT, Hardiyanto mengimbau agar warga giat memberantas sarang nyamuk, tampa tergantung kepada pihak lain.

Salah satu penduduk Wonokarto cucunya menderita DB adalah Irianto. Irianto berpendapat wilayahnya sudah layak mendapatkan fogging. “Saya heran, untuk ngurusi foging Pemda saja kesulitan dana, kok malah Pemda rencana akan membelikan mobil dinas Muspida,” selorohnya.
Dinas Kesehatan Kabupaten memalui Kabid Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Tuty Darsari membenarkan pihaknya telah menerima laporan terkait warga Wonokarto yang diduga terserang DB. Menurutnya Puskesmas Wonogiri sudah menindaklanjuti dengan melakukan pemeriksaan epidemiologi (PE).

“Hasil PE ditemukan ada 2 rumah yang ada jentik nyamuk DB. Jumlah korban DB ada beberapa, tapi saya belum menerima laporan detilnya,” kata Tuty.

Mencegahan DB yang terbaik adalah giat melakukan PSN plus S (sikat). Sebab, telur nyamuk di dinding bak mandi mampu bertahan dua pekan meskipun dinding bak kering. (bsr)

Tabel
Jumlah kasus DB di Wonogiri tahun 2010
Bulan         Jumlah kasus      korban meninggal
Januari       216   1
Februari     166   0
Maret 98   0
April 37     0
Mei   9       0
Juni   8       0
Juli    4       0
Agustus     3       1
September 2       0
Jumlah       543   2
Tahun 2009        412   2
Tahun 2008        328   4
Tahun 2007        464   10
Sumber: Bidang P2PL Dinas Kesehatan Wonogiri.

error: Content is protected !!