Pemuda Desa & LindungiHutan.Com Ajak Hijaukan Hutan Wonogiri, Demi Selamatkan Habitat Monyet

INFOWONOGIRI.COM-JATIPURNO-Konflik manusia dan hewan di sekitar Hutan di Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah terjadi beberapa waktu terakhir ini.

Kera liar kerap merusak ladang petani akibat habitat hutan rusak. Petani akhirnya mulai meninggalkan lahan pertanian. Usaha mereka tidak lagi menghasilkan karena dirusak kawanan kera.

Prihatin dengan kondisi tersebut, Tarmin, warga Kuryo, RT 03, RW 1, Kelurahan Jatipurno, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri Jateng membuat gerakan Campaign “Penananman Pohon Hijaukan Wonogiri”.

Tarmin bersama Kebun Bibit Griya Amanah Jatipurno hadir untuk menghijaukan Hutan di Wonogiri agar petani dapat berproduksi untuk mengolah lahan pertanian mereka kembali.

Rencana penanaman dilakukan dengan pohon beringin dan aneka tanaman buah lainnya sebagai habitat kera sekaligus penjaga air dan tanah. Kegiatan ini telah dilakukan sejak tahun 2019.

“Sebagian kita tahu, bersedekah tidak hanya dengan materi. Salah satu sedekah yang paling mudah adalah menanam pohon. Menanam pohon adalah sedekah jariyah. Pahalanya tidak akan terputus hingga hari kiamat, ins sya Alloh,” kata Tarmin.

Namun kenyataannya, kesadaran diri untuk melakukan hal itu bukan perkara mudah. Beruntung, dewasa ini kian banyak bermunculan lembaga yang menggerakkan dan mendukung kampanye aksi penanaman pohon, salah satunya LindungiHutan.

Tarmin menggandeng LindungiHutan untuk penggalangan dana dan kepedulian masyarakat terhadap kelangsungan ekosistem hutan.

Sampai saat ini sudah terkumpul sekitar 400 pohon. Sebagai platform crowdplanting (penanaman massal) yang telah hadir sejak tahun 2016 dan mewadahi berbagai macam aksi atau kampanye menanam pohon, LindungiHutan telah menjembatani berbagai gerakan dengan catatan ratusan ribu pohon tertanam, miliaran nilai donasi, hingga puluhan juta karbon yang terserap.

“Kami berangkat dari penghijauan di seluruh Indonesia. Kami mendapatkan cerita bahwa ada hubungan dua entitas yang tidak akur antara manusia dan satwa monyet di mana hal ini berkaitan dengan hilangnya pakan monyet akibat berkurangnya tanaman penghasil pakan mereka. Oleh karena itu, LindungiHutan mau membantu untuk melakukan penghijauan di Wonogiri agar tanaman yang ditanam dapat menjadi pakan bagi satwa monyet tersebut.” Miftachurrobani, Chief Executive Office LindungiHutan.com.

Mengapa Harus Mendukung Program Ini? Partisipasi program di lokasi ini turut mendukung pembangunan keberlanjutan dengan, mencegah degradasi lahan, mengurangi dampak banjir dan longsor di pemukiman warga, meningkatkan area tutupan hijau, membantu pengurangan emisi karbon, meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar.

Selain bibit tanaman dari LindungiHutan Saat ini sudah ada ratusan pohon disiapkan di kebun bibit Griya Amanah Jatipurno.

Rencana penanaman pohon meliputi, pohon kopi, beringin, Loa, matoa, cokelat, juwet, nangka, salam, jambu dan aneka buah lainnya.

Pelaksanaan di akhir Desember 2022 di Hutan Desa Kembang Kecamatan Jatipurno, Wonogiri Jateng. Penanaman bekerjasama dengan (LMDH) Lembaga Masyarakat Desa Hutan dan Forum Koordinasi Pimpinan di Kecamatan (Forkopimcam) Kecamatan Jatipurno.

Bagi masyarakat yang ingin ikut berkontribusi di Campaign Penanaman Pohon Hijaukan Wonogiri bisa klik link https://lindungihutan.com atau hubungi di 085293174612. Tidak ada alasan abai dan lalai dalam kesempatan menanam setidaknya satu pohon, guna memberi kontribusi mewakili diri.

Rilis Tarmin
Editor Bagus Sarengat

Tinggalkan Balasan