Tak Berkategori  

Warga Dungsono Nyelengi & Jual Turus Jalan Untuk Bangun Jalan

Warga Dungsono Nyelengi & Jual Turus Jalan Untuk Bangun Jalan
Warga Dungsono Nyelengi & Jual Turus Jalan Untuk Bangun Jalan
Warga Dungsono Nyelengi & Jual Turus Jalan Untuk Bangun Jalan

INFOWONOGIRI.COM.COTA-Dusun Dungsono Desa Wonokerto terletak tidak jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Wonogiri. Dibatasi oleh -hutan- Alas Kethu, Sungai Bengawan Solo dan Sungai Walikan.

Masih relatif dekat dengan Kantor Kecamatan Wonogiri dan Kabupaten Wonogiri. Berjarak kurang lebih 5Km. Dapat ditempuh 15-20 menit jalan darat beraspal dan cor blok. Tampa menyeberangi sungai Walikan dan Bengawan. Karena sudah terbentang dua jembatan baja. Permanen. Kokoh.

Sejak dua pekan silam, secara swadaya melebarkan jalan sepanjang 1.260 m. Mulai dari pertigaan perbatasan Dusun Kalisari Jl Kalibang-Malangsari sampai ke gapura Dungsono dan akan berlanjut sampai ke perbatasan Jl Wonoharjo -Songgorunggi. Wilayah ini berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo-Karanganyar.

Semula jalan itu berukuran 4 m hasil swadaya. Selebar 2,5 sudah beraspal. Dilebarkan menjadi 8 m. Proses pelebaran menggunakan 1 unit alat berat. Sewa perhari Rp.3 juta. Dari mana dananya?.

“Warga nyelengi setiap selapanan sejak tahun lalu,” kata Tresno Widodo. Telah terkumpul Rp.73 Juta. Ditambah hasil menjual pohon turus jalan Rp.35 Juta.

Dana itu untuk membiayai pembuatan parit jalan, menguruk/meratakan dan untuk membuatkan bis/bug jalan masuk ke halaman rumah setiap warga terdampak pelebaran. Tiang lampu penerangan jalan telah disiapkan seragam.

Warga juga tidak meminta ganti rugi apapun dari “proyek” itu. Namun warga berharap, pemerintah memerhatikan jalan Dungsono ditingkatkan menjadi Jalan Kabupaten.

“Dungoku, dungone wong tuo kuwi, sesuk mben anak cucuku do sukses, sugih. Sing nglemboro mulih numpak montor. Yen dalane ombo lan alus kie simpangan penak (Doa ora tua itu, anak cucunya kelak sukses dan menjadi orang kaya. Perantau pulang membawa mobil. Kalau berpapasan jalan halus dan lebar, enak,” kata suami Nurhayati yang dikaruniai 3 dan 1 cucu ini. (baguss)

Tinggalkan Balasan