Potensi Wisata Tujuh Air Terjun Di Wonogiri

infowonogiri.com-SELOGIRI-Di Wonogiri ada banyak pontensi wisata air yang belum digarap pemerintah secara maksimal. Antara lain di Dusun Melati Desa Keloran, Kecamatan Selogiri. Di Dusun setempat tedapat tujuh air terjun yang berjarak hanya tujuh kilometer dari Pasar Krisak Selogiri. Ketujuh air terjun tersebut terletak di kawasan perbukitan dan lembah.  

Bahkan banyak anak-anak sekarang di wilayah Desa setempat yang belum mengetahui ada tujuh air terjun di Desanya. Yang mengetahui hanya orang tua, dan itupun jumlahnya terbatas, hanya beberapa orang, biasanya petani hutan. Padahal di musim penghujan ini, air terjun mengalir tampak indah, didukung hawa dingin dan hijaunya hutan.

Enam dari tujuh air terjun itu rata-rata memiliki ketinggian 13 meter. Satu diantaranya memiliki ketinggian hampir 30 meter. Berikut nama-nama ke tujuh Air Terjun sesuai urutan posisi dari bawah. Banyu Anjlok, Kedung Bandang, Kedung Bunder, Kedung Turuk, Jurang Gandil, Kali Tangan dan Kali Telu.

Dari ketujuh air terjun itu ada dua yang cukup unik. Yaitu Kedung Turuk dan Jurang Gandil. Air terjun Kedung Turuk bisa untuk memijat diri memanfaatkan aliran air. Sedangkan air terjun Jurang Gandil memiliki bentuk batu berundak-undak seperti tangga eskalator gedung sehingga air turun menyusur dinding bebatuan.

“Dinamai Kedung Turuk karena bentuk batu yang dialiri air seperti kelamin wanita. Tekanan air dari luncuran di batu itu pas untuk pijat,” kata Kepala Desa Keloran Maryanto pekan kemarin. “Bentuknya memang mirip,” tambahnya.

Letak Kedung Turuk tepat berada di atas Kedung Bunder. Dinding batu di sebelah kiri menjulang tinggi yang ditumbuhi pepohonan di atasnya. Baru di atas Kedung Turuk terletak Jurang Gandil. Marimin (40) menambahkan Jurang Gandil sangat jarang didatangi warga. Kalupun ada yang berkunjung hanya sampai di Kedung Turuk saja.

“Ga ada yang berani ke sini. Kadang ada suara orang memanggil tapi setelah dicari tidak ada. Kalau tidak penting tidak ada yang ke sini,” ujarnya. Di atas Jurang Gandil masih terdapat air terjun yang paling tinggi dan paling indah, yaitu Jurang Gandil, Kali Tangan dan Kali Telu. ([email protected])

Respon (11)

  1. Setelah kemarin tim GUNPARI sukses ke air terjun watu jadah jatipurno……

    Kami akan segera untuk menelusuri lokasi air terjun baru ini sekaligus memecah mitos…..

    Tolong share pesona alam di wonogiri agar saya dan tim bisa survei langsung ke lokasi.
    Terima kasih.

    1. Untuk yang mau berkunjung ke tujuh air terjun tersebut bisa menghubungi Kepala dusun setempat a/n Joko Winarno 082138714775 (kebetulan kakak saya sendiri) atau komunikasi dengan karang taruna dusun Melati melalui group FB Tjah mlathy Twitter @remajamargoboyo .

  2. Hehehe kampung kelahiranku memang is the best. Waktu kecil saya sering kesana dan memang sangat indah. Pemandangannya masih sangat alami, terletak di kaki gunung. Memang akses jalannya baru bisa dilalui dengan berjalan kaki.

  3. Di kismantoro Sebenarnya juga ada banyak potensi air terjun lo..
    hanya saja akses jalannya susah malah yang saya ketahui di kismantoro ada 5 potensi air terjun yang sangat bagus. pertama tepatnya di Dukuh Tiris desa Kismantoro, terdapat 2 potensi air terjun dan di dukuh Nggrowong desa Ngroto kec. Kismantoro juga ter dapat 3 Potensi air terjun bagi yang berminat bisa mengunjunginya dan meliputnya

  4. Di Kecamatan karangtengah banyak potensi wisata alam yg exotis, salah satunya air terjun, di desa purwoharjo kecamatan karangtengah banyak air terjun salah satunya “air terjun CURUG BANTENG” yg sangat exotis, butuh perhatian dari pemerintah untukmengembangkan potensi alam yg ada di daerah ini, —> visit to purwoharjo village

Tinggalkan Balasan