Tragedi Keracunan Baturetno Tidak Ada Pelapor

0 208

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Tragedi keracunan masal akibat mengkonsumsi makanan nasi ayam kremes di Baturetno tidak ada pelapor. Sehingga tragedi itu tidak bisa ditindaklanjuti pihak kepolisian.

Pernyataan itu disampaikan Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati SIK MSi melalui Kasatreskrim AKP Purbo Adjar Waskito SH, Selasa (18/6/19) di Mapolres Wonogiri.

“Kejadian itu tidak ada pihak yang melaporkan. Korban kan kebanyakan, bertetangga. Sehingga tidak bisa kita tangani,” kata Kasatreskrim.

Dijelaskan, kejadian keracunan makanan tergolong sebagai tindak pidana delik aduan. Artinya, manakala tidak ada yang mengadukan (melaporkan), maka perkara itu tidak bisa ditindaklanjuti.

Sementara itu, sampai saat ini, pihak kepolisian juga belum bisa menentukan apa penyebab keracunan massal tersebut. Apakah dari ayam kremes, tepung, minyak goreng, sambal, sayuran (lalapan) atau dari makanan yang lain (snak/camilan).

“Sampai hari ini hasil laboratoroumnya belum keluar. Sehingga tidak bisa menentukan mana penyebabnya,” kata Kasatreskrim. Pihak Polres mengirim sendiri sampel makanan itu ke Laboratorium. Pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri juga mengirimkan sendiri sampelnya.

Seperti diberitakan, pertengahan bulan Romadhan kemarin, terjadi insiden keracunan masal. Jumlah korban mencapai +- 170 orang. Mereka mengkonsumsi pasca acara selamatan 1000 hari kematian salah satu warga setempat. Sebagian mengalami mual, muntah, diare, dan sakit kepala. Satu diantaranya meninggal dunia. (baguss)