Calon Pelajar Di Wilayah Zona Irisan Berpeluang Banyak Pilihan Sekolah

0 242

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Alumni siswa/i SMP yang berdomisili di wilayah irisan diuntungkan secara geografis. Keuntunganya yaitu, calon siswa dan atau orang tuanya diperbolehkan memilih SMA yang diinginkanya. Bahkan boleh mendaftar lebih dari satu sekolah. Namun pada akhirnya harus menentukan satu sekolah saja.

Wakil Kepala Sekolah SMAN 3 Wonogiri yang juga menjadi Ketua Panitia PPDB 2019/2020 Edy Sriyanto, mengatakan, SMAN 3 menjadi salah satu sekolah yang memiliki banyak wilayah zona wajib, dan zona irisan.

Zona wajib adalah jarak terdekat rumah Capel dengan sekolah. Maka Capel hanya boleh mendaftar di sekolah terdekat dengan alamat rumahnya. Sedangkan zona irisan adalah alamat tempat tinggal capel yang wilayahnya secara geografis memiliki jarak tempuh sama dengan dua sekolah.

Zona Wajib untuk SMAN 3 diantaranya adalah wilayah Kelurahan Giritontro, Wuryorejo, Sendang, Purworejo, dan Pokoh Kidul. Sementara yang mauk wilayah Zona Irisan untuk SMAN 3 (juga untuk sekolah lain) ada +- 32 Desa/Kelurahan, yang tersebar di tiga Kecamatan yaitu Selogiri, Ngadirojo, Jatipuro (Kab. Karanganyar).

“Zona irisan biasanya berada di wilayah Kecamatan yang tidak ada SMAN-nya. SMAN 3 juga masih memiliki dua zona. Zona prestasi dan perpindahan tugas orang tua, masing masing 5% dari kuota. Zona wajib dan irisan 90%,” katanya. Untuk zona prestasi bisa mendaftar lepas atau di luar zona.

Tahun ini SMAN 3 memiliki kuota 360 Capel (10 rombel). Jurusan IPA (5 rombel), IPS (4) dan Bahasa (1). Tahun 2018 kuota tidak terpenuhi, hanya mendapatkan 208 pelajar.

PPDB On Line (OL) tahun dimulai dengan pengajuan Akun pada 24/6 s/d 28/6.
Pelaksanaan pendaftaran OL dimulai tanggal 1/15 Juli. Pengumuman pada 9 Juli. Untuk daftar ulang 10-11 Juli. “Meski PPDB sistem OL idealnya pendaftaran dilakukan di satuan Pendidikan. Sebab sekolah telah menyediakan fasilitas lengkap,” katanya. (baguss)