Begini Nasib Mantan (Camat, Sekcam & Staf ) Kecamatan Tirtomoyo

0 341

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Setelah resmi ditahan Kejaksaan di Rutan Wonogiri, ketiga tersangka (TSK) kasus Pungutan Liar (Pungli) terancam mendapat ganjaran yang lebih berat lagi.

Sanksi itu akan “dihadiahkan” kepada ketiga TSK, yaitu Joko Prihartanto (Mantan Camat Tirtomoyo), Widodo (Mantan Sekcam Tirtomoyo) dan Nur Kholis (staf Kecamatan Tirtomoyo).

Lantaran ketiganya adalah pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Wonogiri. Ketiganya dalam waktu dekat ini akan diberhentikan sementara sebagai pegawai negeri sipil (PNS) / ASN.

Ketiga Tersangka Pungli

Selain diberhentikan sementara, ketiganya akan dipotong gajinya separuh dari total yang diterima setiap bulannya. Selama ini, mereka masih menikmati gaji penuh lengkap dengan tunjanganya, karena belum ditahan.

Keterangan itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Wonogiri, Lakso Haryoto, Senin (11/2/19) melalui telpon. Lakso sedang dinas luar.

“Setelah kita terima surat penetapan tersangka, mereka akan kita berhentikan sementara sebagai ASN,” kata Lakso.

Padahal ketiga telah ditetapkan sebagai TSK sejak pertengahan tahun 2018 laalu? “Surat penetapan tersangka pak Joko dan pak Widodo sudah kita terima. Surat penetapan tersangka pak Nur Kholis belum kita terima,” katanya.

Lakso memastikan tidak membutuhkan waktu lama bisa mendapatkan semua surat penetapan tersangka pungli. “Setelah itu gaji mereka kita potong 50%. Selama ini mereka utuh menerima gaji 100%, termasuk tunjangannya,” kata Lakso.

Baca Juga : Kasus Prona : Mantan Camat Dan Sekcam Tirtomoyo Resmi Ditahan

Asal tahu, mereka dibui lantaran terindikasi melakukan pungutan liar (Pungli) Program Nasional (Prona) tahun 2016 di Kecamatan Tirtomoyo.

Seharusnya penyertifikatan tanah masal itu gratis. Tetapi pamitia memungut Tp.750 ribu perbidang perpemohon. Total pemohon ada 2.411 orang di 11 Desa. Total uang Pungli mencapai Rp.1.808.250.000. (baguss)