Kadinas Kesehatan Laporkan Anggota DPR-RI Fraksi Golkar

0 875

Kartu Menuju Sehat (KMS) Usia Lanjut | Foto istimewa

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri, dr Adhi Dharma melaporkan anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Hj. Endang Maria Astuti SAg, SH.MH ke Bawaslu Kabupaten Wonogiri.

Laporan disampaikan Senin (14/1/1). Laporan dilakukan menyusul beredarnya Kartu Menuju Sehat (KMS) Usia Lanjut di wilayah Posyandu Kelurahan Wonoboyo Wonogiri Kota.

Dalam KMS itu terpasang foto berwarna ukuran 3×3 dan tertulis nama Endang Maria sebagai Anggota DPRRI. Di atas foto terpasang logo Pemkab dan logo DKK Wonogiri. Di bagian paaling bawah terdapat tulisan DKK – UPT Puskesmas Wonogiri I.

Ketua Bawaslu Wonogiri Ali Mahbub mengatakan telah menghadirkan pelapor, terlapor dan saksi untuk diklarifikasi. Yaitu Adhi Dharma sebagai Kepala DKK, Pitut Tristianto sebagai Kepala Puskesmas Wonogiri I, Sri Nuryati sebagai Bidan Wonoboyo, dan Endang sebagai Anggota DPR RI.

Kronologisnya, pada Sabtu (12/1/19) Adhi Dharma mendapat kiriman foto KMS dari Pitut Tristianto. “Pada Senin melapor,” kata Ali.

Diamankan dua bukti KMS sebagai alat bantu periksa kesehatan. KMS format foto Endang sendirian, dan foto KMS format foto Endang dengan Agus M (alm-suaminya). KMS yang berhak menerbitkan adalah DKK Provinsi Jateng atau Kabupaten Wonogiri.

Kepada Bawaslu, Endang jujur mengakui pernah membantu Rp. 1 juta untuk biaya cetak KMS. Itu dilakukan tahun 2011. Saat menjadi anggota DPRD Provinsi Jateng. Sampai sekarang tidak pernah membantu mencetak lagi.

Hasil Rakor Bawaslu hari ini, disimpulkan laporan tidak memenuhi syarat formil dan materiil. Sehingga Bawaslu tidak dapat menindaklanjuti. Justru, Bawaslu akan mengirimkan surat himbauan kepada DKK. Pertama, meminta DKK memastikan KMS sudah tidak ada. Jika masih beredar diminta menarik keembali. (baguss)