Staimas Kunjungi Campbell 2 Edupark Tawangsari

0 146

INFOWONOGIRI.COM-BOYOLALI–Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti (Staimas) Wonogiri menyelenggarakan Outing Seminar, Sabtu (1/12), di CampBell 2 Edupark Desa Tawangsari Kecamatan Teras, Boyolali.

Ada tiga pembicara yang hadir yaitu Kades Tawangsari YT Supriyanti, Praktisi CSR PT Pertamina BBM Boyolali, Faiz B Marwan dan Ketua Staimas Wonogiri, Dr Bramastia MPd.

Bramastia mengatakan Desa Tawangsari merupakan desa yang saat ini tumbuh dan berkembang dengan kerjasama yang baik dari Kades dan masyarakat serta dukungan dari Pertamina.

“Dosen dan mahasiswa perlu belajar dan memiliki tekad kuat sebagai modal. Dengan kegigihan dan ketulusan Bu Kades akhirnya saat ini berhasil,” papar Bramastia pada acara yang bertemakan “Membangun Ekonomi Kreatif Desa Berbasis Lingkungan” itu.

Faiz menerangkan banyak hal tentang CSR atau Corporate Social Responbility. Dia menegaskan pentingnya sinergisitas tiga aktor yaitu dari akademisi, pihak swasta dan government.

“Akademisi sangat berperan untuk memberikan gagasan-gagasan ilmiah dan independen. Akademisi berada di tengah-tengah untuk menjembatani perusahaan dan government. Perusahaan memiliki modal tetapi tidak tahu bagaimana mengembangkannya untuk masyarakat. Government punya gagasan dalam politic will yang nantinya nantinya bisa menjadi rekomendasi kebijakan dan program,” terang Faiz.

Pada kesempatan itu, Yanti menceritakan perjalanannya hingga mendapat dukungan dari Pertamina untuk mengembangkan potensi desa.

“Awalnya saya kurang diperhatikan. Setelah cari tahu dari sana sini akhirnya dua tahun kemudian bawa masterplan. Saya presentasi dan akhirnya Pertamina memperhatikan. Cari potensi yang ada,” ucap Yanti.

Dia menyebutkan tanah di Camp Bell 2 Edupark semula tanah gersang dan belum pernah tergarap.
Peserta Outing Seminar, Marijo dan Romadhon masing-masing menanyakan soal modal dan bagaimana merencanakan BUMDes. (baguss)