PO Agra Mas Bukan Anggota Organda Wonogiri

0 1.860
Dari Kanan kita: Mulyadi (Sekretaris Organda), Edi Purwanto (Ketua Organda), Sihono (Kasat IPP Polres Wonogiri) | Foto Bagus

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Kasus sengketa ketenagakerjaan antara karyawan dengan perusahaan PO Agra Mas belum tuntas. Kasus itu muncul sejak awal Nopember lalu. Sampai saat ini, kasus itu masih ditangani Pegawai Kantor Disnaker Kabupaten Wonogiri.

“Belum selesai ini masih di tingkat perusahaan. Pekan ini akan kita sidangkan, rencana tanggal 13/12,” kata M. Muslih Kasi HI mewakili Kepala Disnaker Kabupaten Wonogiri, Senin (10/12/18).

Kasus yang terjadi di PO Agra Mas adalah, sejumlah karyawan driver/supir langsir diberhentikan dengan uang tali asih masing-masing Rp.1 juta. Jumlah supir langsir yang diberhentikan ada sekira 20-an orang. Mereka diberhentikan karena sejak saat itu perusahaan oto bus Agra Mas hanya mempekerjakan supir reguler saja. Bagi supir langsir yang ingin tetap bekerja maka harus mau menjadi supir reguler. Namun sebagian supir langsir menolak menjadi supir reguler.

Ketua Organda Kabupaten Wonogiri Edi Purwanto dan sekretarianya Mulyadi mengatakan Organda Kabupaten Wonogiri tidak bisa memberikan bantuan langsung terhadap masalah PO Agra Mas. Karena PO Agra Mas bukan anggota Organda Kabupaten Wonogiri.

“Organda Wonogiri tidak bisa kasih solusi, karena PO Agra Mas bukan anggota Organda Wonogiri,” kata Edi Purwanto.

Edi Purwanto berpendapat seharusnya PO Agra Mas tidak melakukan pengurangan supir tenaga kerja. Sebab armadanya terus bertambah. Maka disarankan jika terpaksa melakukan pengurangan harus selektif dan memberikan solusi. Hal lain yang terpenting perusahaan harus tetap taat pada UU Tenaga Kerja dan peraturan pemerintah. (baguss)