11 Tahun Urus Balik Nama SHM Belum Beres

0 275

Cipto Mulyono dan Sriyanto di Kantor Pengadilan Negeri Wonogiri

INFOWONOGIRI.COM-SELOGIRI-Suatu ketika, pada tanggal 22 Oktober 2007, Tukiman  Cipto Wiyono membeli tanah sawah (pertanian) SHM nomor 169 Luas 6.640 m2 dari Kasimo Mulyo Wiyono. Tanah sawah itu terletak di wilayah Desa Jendi, Selogiri, Wonogiri.

Jual beli tercatat dalam dokumen Akta Jual Beli nomor 809/2007 dibuat dan dilakukan Peralihan Hak di hadapan PPAT-Notaris Karna Nirmala Suti. SH. (saat ini almarhum). Protokol dan berita acara PPAT Notaris tersebut diterima PPAT Notaris Hendrawan Gunawijaya SH.MKn. Saat itu telah dilakukan jual beli dan peralihan hak di hadapan notaries.

Kemudian Cipto Wiyono mengurus balik nama SHM itu, melalui jasa notaris, dari pemilik lama Kasimo Mulyo Wiyono diusulkan menjadi atas nama Samiranto (menantu Cipto Wiyono). Cipto Wiyono (65th) dan Samiranto (51th) adalah warga penduduk Dusun Bendungan RT 02 RW 03 Desa Jendi Kecamatan Selogiri.

 Dokumen jual beli dan peralihan hak yang dibuat di kantor PPAT Notaris didaftarkan dan diproses oleh PPAT Karna Mala Suti ke kantor ATR/BPN Wonogiri. Sampai ditulis berita ini, Rabu (29/8) proses balik nama sampai di mana belum jelas. Menurut informasi dari Kantor ATR/BPN Kabupaten Wonogiri, diketahui belum ada permohonan balik nama.

Karena itu, Samiranto dan adik iparnya Sriyanto, menelusuri proses balik nama itu ke pejabat Notaris. Yaitu Sri Sustyani di Wonogiri. Sri Sustyani adalah penerima berkas dan biaya balik nama. Saat itu (2007) Sri Sustyani belum menjadi notaries. Melainkan staf PPAT-Notaris Karna Nirmala Suti. SH (alm).  sekarang diteruskan Hendrawan Gunawijaya SH.MKn.

Sri Sustyani menyatakan telah memproses balik nama SHM itu, ke kantor ATR/BPN  Wonogiri. Menurut Susi (panggilan Sri Sustyani) berkas dititipkan ke pegawai ATR/BPN yaitu Maryoto Menjabat Penilaian Tanah. (Saat itu sebagai Kasubsi Pemeliharaan & Pendataan Tanah). Kasubsi Pemeliharaan & Pendataan Tanah dijabat oleh Harsoyo Cahyo Winarso. (bersambung)