Spetakuler Gelis Di Sma Negeri 1 Girimarto

0 1.176

INFOWONOGIRI.COM-GIRIMARTO-Bertempat di SMA Negeri 1 Girimarto telah diadakan kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GeLiS). Gelis merupakan rentetan dari kegiatan SAGUSAKU (Satu Guru Satu Buku) Ikatan Guru Indonesia (IGI).

Kegiatan bertajuk Spetakuler Gelis ini bertujuan menghasilkan 1000 buku menjelang Hardiknas Mei mendatang. Syamsu Ahmad Noor, SE, M.Pd. penyelenggara yang juga guru di sekolah itu, mengatakan, Gelis merupakan aplikasi dari pelatihan pelatih nasional delaying.

Dalam pelatihan, setiap peserta diharapkan mau belajar menulis, membentuk budaya cerdas dan produktif. Menulis, kedepan bisa ditindaklanjuti menjadi gerakan literasi teknologi. Melalui pembuatan blog kelas, nantinya siswa bisa menuliskan best practice kegiatan sekolah.

Antusias kegiatan Gelis disambut baik Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Girimarto Drs. Sumarman, M.Pd. Dikemukakan, kegiatan Literasi sudah dilaksankan di sekolahnya melalui kegiatan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai setiap hari.

Juga tersedia bacaan surat kabar. Agar wawasan meningkat. Diharapkan dengan menulis antologi dapat meningkatkan kompetensi siswa.  “Itu bagus jika siswa bisa menerbitkan buku sendiri. Dengan menulis nama seseorang akan dikenal dan dikenang. Gelis bisa membentuk karakter positif dan produktif,” katanya.

Lysandra Aurellia, siswa kelas X MIPA 2 mengaku terkesan. “Gelis memotivasi menginspirasi saya. Menulis bisa menjadikan sukses dan terkenal,” katanya. Peserta lain, Lailly Elfiningrum, kelas X MIPA 1, mengatakan wisata literasi menjadikan siswa lebih kreatif dan  termotivasi meningkatkan minat baca dan menulis. Gelis itu positif dan harus dikembangkan.

Hasil tulisan anak-anak tidak kalah bagus dengan penulis terkenal. Walaupun pemula, tulisanya cukup istimewa. Dapat dilihat dari hasil kegiatan menulis antologi yang dibacakan pasca kegiatan. (Cijum/Citizen Jurnalis)