Talk Show Diabetes Melitus & Stroke Sebagai Penyebab Utama Kecacatan

0 408

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Telah digelar Talk Show Kesehatan pada Kamis (18/1) di gedung Giri Cahaya Wonogiri.

Temanya adalah tentang penyakit Diabetes Melitus (DM) dan stroke. Hadir sebagai pembicara tunggal dr Riski Yuri Respati Sp.Pd. Mkes dari Wonogiri.

Penanggung jawab acara Windu Mariyoko Aji mengemukakan, acara ini diselenggarakan oleh PT Masohi Medika. Perusahaan di bidang kesehatan dari Jepang yang telah membuka cabang di Indonesia, seperti di Jakarta dan Surabaya.

Perusahaan ini lebih konsen sosialisasi (promotif) dan pencegahan (prefentif) terhadap penyakit dari pada pengobatan (kuratif). PT Masohi Media bekerja sama dengan “Happy Partner”.

Kegiatan ini kali pertama di Wonogiri, yang telah dimulai beberapa hari lalu. Juga akan diselenggarakan pembukaan Road Show dan Pameran Kesehatan pada Rabu (24/1) di tempat yang sama.

Kegiatan itu cukup meriah. Gedung Giri Cahaya sampai tidak mampu menampung hadirin. Sehingga banyak peserta di luar gedung utama. Hadir pula wakil Forkompida dan Forkompinca Wonogiri Kota.

Pada kesempatan itu, dokter Riski menjelaskan tentang penyakit Diabetes Melitus dan Stroke.

Jumlah penderita DM dan stroke terus bertambah setiap tahun. Indonesia menempati rengking ke 4 dengan jumlah penderita terbanyak. Namun tidak dirilis angkanya.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi akan terjadi ledakan penderita diabet pada abad ke 21. Selain diabetes, penyakit stroke di Indonesia jumlah penderita terus meningkat, saat ini mencapai 500.000 orang. Prosentasinya 35,8 persen pasin usia lanjut, 12,9 12,9 usia muda (produktif).

Penyakit DM adalah suatu penyakit karena tubuh tidak dapat mengendalikan kadar gula dalam darah lantaran ada ganguan produksi hormon insulin. Akibatnya terjadi lonjakan kadar gula dalam darah.

Dokter Riski juga menjelaskan penyakit strok. Stroke merupakan penyakit yang mennyeerang secara tiba-tiba akibat aliran darah ke otak terganggu. Sehingga menyebabkan kerusakan pada sebagian sel otak, yang bisa mengakibatkan cacat fisik, atau separuh dan bahkan bisa mengakibatkan kematian. (baguss)

error: Content is protected !!