Guru Cabul Terancam 20 Tahun Penjara

0 829

 

Oknum guru itu berinisial S alias R ( Foto Istimewa)

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Kapolres Wonogiri menetapkan guru olahraga di UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kecamatan Girimarto menjadi tersangka pasal 81 dan pasal 82 UU nomor 17 tahun 2016 tentang Perlindungan Anak (PA).

Tersangka ada Sr alias R (48th) guru olah raga alamat di Desa Gondang Manis Kecamatan Girimarto. Dia adalah guru SDN di dua sekolah yang berbeda di wilayah setempat.

“Kita sudah tetapkan guru olahraga itu sebagai tersangka. Tersangka kita jerat dua pasal, yaitu pasal 81 dan pasal 82 UUPA,” kata Kapolres Wonogiri AKBP Muhammad Tora SH.SIK melalui Kasatreskrim didampingi Kasubag Humas AKP Haryanto.

Baca Juga : Duh, Guru Olahraga Diduga Cabuli 37 Siswi SD

Menurut Kasatreskrim, dalam UU PA sebenarnya ancaman maksimal pidana 15 tahun, namun karena tersangka tergolong sebagai guru yang seharusnya melindungi anak didiknya, tetapi malah mencabuli, maka ancamanya ditambahi sepertiga dari ancaman pokoknya, yaitu 5th. Sehingga ancamannya menjadi 20 tahun penjara.

Baca Juga : DPPKB & P3A: Guru Olahraga Itu Penjahat Kelamin

Satreskrim Polres Wonogiri begitu mendapatkan laporan kasus itu, langsung menindaklanjuti dengan menangkap pelaku. Sejak diamankan akhir pekan lalu, guru olahraga itu tidak lama langsung disidik. “Sejak penyidikan selesai langsung ditahan,” kata Kasatreskrim. (baguss