100 Hari Pertama BUMDes Sendang Pinilih Untung Rp.65 Juta Lebih

0 179
Puncak Joglo destinasi wisata alam, untuk terjun payung dari ketinggian 400 Dpl.
Puncak Joglo destinasi wisata alam, untuk terjun payung dari ketinggian 400 Dpl.

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Untuk kali pertama digelar sarasehan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se Kabupaten Wonogiri Selasa (4/4) di Obyek Wisata Puncak Joglo Desa Sendang Kecamatan Wonogiri.

Sarasehan diikuti Direktur dan Sekretaris BUMDes se Kabupaten Wonogiri. Hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonogiri, serta Kades Sendang.

Sukamto melaporkan program kerja 100 hari telah dilaksanakan sejak menerima SK Direktur BUMDes.BUMDes ini berangkat dari titik 0 persen modal. Bahkan terlahir prematur. Meski demikian, berkat kemandirian dan kebersamaan “Sesarengan Mbangun Desa” BUMDes Sendang Pinilih berjalan dan menguntungkan.

Pada bulan pertama Januari 2017 ada pemasukan bersih Rp.31.3 juta, Februari Rp.16,2 juta, dan Maret 18,5 juta. Hasil tiket masuk obyek wisata. Sedangkan retribusi parkir diterima kelompok masyarakat, untuk pengelola dan kas RT.

BUMDes Sendang Pinilih mengelola obyek wisata alami. Yaitu Watu Cenik, Puncak Joglo dan Soko Gunung.

Dalam waktu tiga bulan itu, telah membangun mushola permanen, pengadaan saluran air bersih, listrik, dan MCK. Lebih dari itu, sudah dilakukan pelebaran ruas jalan, terutama di tikungan dan tanjakan/turunan curam, yang membahayakan kendaraan bermotor.

“Kami juga bersyukur telah menjalin kerjasama dengan Perhutani sebagai pemangku wilayah hutan dan pengurus Federasi Aero Sport Jateng,” kata Sukamto.

Sukamto masih membutuhkan dukungan pemerintah daerah dan pusat, untuk penataan ruang, jalan dan fasilitas lain. (baguss)