Kajari Siap Meladeni Pengacara Kasus Pelecehan Seks

0 131

 

Kajari Wonogiri Tri Ari Mulyanto
Kajari Wonogiri Tri Ari Mulyanto

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Kajari Wonogiri Tri Ari Mulyanto menyatakan siap meladeni Heru Notonegoro selaku pengacara Adi Winarno, terdakwa kasus pelecehan seksual terhadap siswa-siswa SD Baturetno.

Sebagai garda terdepan penegak hokum, Kajari menyatakan bekerja berdasarkan hokum dan UU di Indonesia. Jaksa melaksanakan kewenangan berdasarkan pasal 50 KUHP. Bawha perbuatan penegakan hokum sesuai ketentuan hokum dalam berperkara tidak bisa dipidana.

Dalam pasal 245 KUHP dijelaskan, bawha intinya permohonan kasasi disampaikan oleh pemohon kepada panitera pengadilan yang telah memutus perkaranya dalam tingkat pertama,  dalam waktu 14 hari sesudah putusan pengadilan yang dimintakan kasasi itu dibertahukan kepada terdakwa.

Berikutnya pada pasal 246 KUHP, bawha apabila tenggang waktu sebagaimana dimaksud pasal 245 ayat 1 telah lewat tampa diajukan permohonan kasasi oleh yang bersangkutan maka yang bersangkutan dianggap menerima putusan.

“Kami mengekskusi Adi Winarno berdasarkan petikan putusan dari Pengadilan Negeri Wonogiri tanggal 27 September bahwa perkara bersangkutan sudah putus. Kami telah memberi tenggang selama 14 hari, tetapi terdakwa tidak mengambil sikap sampai waktunya habis. Dasar yang sama juga diterima Kepala Rutan Wonogiri dan terdakwa,” kata Tri Ari Mulyanto.

Sejak saat itu, maka yang bersangkutan tidak bisa melakukan upaya hokum kasasi ke Kejaksaan Agung. Namun yang terjadi Pengadilan Negeri Wonogiri menerima permohonan Kasasi dari terdakwa melalui pengacaranya.

Soal gugatan pardata, Kajari juga tak risau. Sementara itu Karutan Wonogiri belum berhasil dikonfirmasi. Asal tahu, Heru melaporkan Kajari dan Karutan Wonogiri ke Polres Wonogiri, atas tuduhan penyekapan atau perampasan hak kemerdekaan Adi Winarno. (baguss)