Andum Ketupat Tanpa Prosesi Tradisi Wonogiri

0 122

adum ketupat

INFOWONOGIRI.COM-KOTA- Tepat pukul 11.00 WIB Andum Ketupat dimulai, Minggu (17/716) di halaman Panggung kawasan OW Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Ada 250 bungkus ketupat kosong tampa nasi dibagikan ke ratusan pengunjung. Dengan cara dilempar dari atas panggung oleh pegawai Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora). Ketupat itu berisi kupon hadiah barang-barang elektronik.

Seusai menyebarkan bungkus ketupat, dilanjutkan pesta makan 2500 ketupat. Ketupat itu telah diracik dan dimasak dengan ikan, kerupuk dan opor. Ratusan pengunjung secara menikmati kupat opor secara massal di halaman panggung WGM. Tampak hadir pegawai dan karyawan Dinbudparpora dan ratusan pengunjung.

Andum Ketupat tahun ini juga tidak dirangkai dengan prosesi kirab tradisi budaya lokal. “Konsepnya hanya makan kupat bersama kupat yang siap saji,” kata Modin. Dikatakan Modin, Andum ketupat itu merupakan acara swadaya Paguyuban Pedagang Asongan, Pedagang Kaki Lima dan Pengelola Rumah Makan di kawasan WGM. Tampa sedikitpun bantuan dana dari APBD Kabupaten Wonogiri. Sedangkan pada tahun-tahun lalu biasanya didukung d dari Pemda Wonogiri. (baguss)