Festival Karawitan Diikuti 37 Grup

0 123

IMG-20160522-WA0003

INFOWONOGIRI.COM-KOTA- Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Wonogiri yang ke 275 serta untuk melestarikan budaya jawa di bidang seni karawitan, Pemkab Wonogiri melalui Disbudparpora Wonogiri menggelar Festival Karawitan di Pendopo Kabupaten Wonogiri Sabtu (21/5/16). Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 37 grup pelajar SLTP dan SLTA.

Acara dihadiri Bupati Joko Sutopo, Wakil Bupati Wonogiri Edi Santosa, Ketua DPRD Setyo Sukarno, Wakapolres Wonogiri Fahrudin SH, Guru pendamping serta unsur terkait.

Dalam sambutanya Joko Sutopo menyampaikan atas nama pemerintah Kabupaten Wonogiri mengapresiasi kegiatan itu sebagai salah satu upaya melestarikan Budaya Jawa. Seain itu karawitan merupakan media atau simbol kebersamaan dan dapat menumbuhkan semangat gotong-royong. Tujuan lai agar eksistensinya tidak pudar. Untuk itu pemerintah berupaya mendukung keberadaan seni karawitan di tengah masyarakat.

Kepala Disbudparpora Wonogiri Sentot Sujarwoko SH menambahkan festifal karawitan bertujuan meningkatkan kreativitas pelajar dalam membawakan gending-gending jawa. Untuk menilai, panitia menghadirkan dewan judi dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

“Diambil enam grup karawitan terbaik. Ada hadiah, trofi dan piagam dengan total hadiah Rp.9 juta rupiah,” katanya. ( N420 )