Pagelaran Wayang Kulit Dalam Rangka Hari Wayang Sedunia dan Hari Pahlawan

0 100

IMG-20151114-WA0003
INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Pagelaran wayang kulit semalam suntuk, dalam rangka Hari Wayang Sedunia dan Hari Pahlawan, Jumat (13/11) di lapangan Sukorejo Wonogiri.

Tercatat 14 nama dalang tampil membawakan lakon Mbangun Candi Saptomargo. Ke 14 dalang itu adalah Widodo Wilis, Sigit Mursito, Warsino, Hastu, Hana, Henok, Pujo Gumelar, Agus Wiranto, Sudomo, Mulyadi, Jedor Sularno, Eko Sunarsono, Hamid Noor Yasin dan Wawan Setya Nugraha. Dua nama dalang tersebut terakhir adalah dalang Tiban yang berupakan Paslon Bupati-Wakil Bupati Wonogiri nomor urut 1. Sedangkan dalang utama adalah KPAA Suro Agul Agulk H. Begug Poernomosidi. Begug Poernomosidi adalah Bupati Wonogiri dua periode 1999-2004, 2004-2009-2014. Dalam dua periode tersebut Begug diusung oleh dua partai PDI-Perjuangan dan Partai Golkar.

Selama dua periode kepemimpinan piyayi asli Purwantoro itu terbilang sukses. Utamanya dalam hal pencitraan Wonogiri sebagai kota seni dan budaya asli Jawa, asli Indonesia. Yaitu kesenian wayang kulit, Reog, Kethek Ogleng, dan lain lain, sampai ke tingkat Nasional bahkan nasional.

Menyambut Pilkada serentak 2015 ini, Begug Poernomosidi berkomitmen kuat nyengkuyung Paslon Bupati-Wabup Hamid Noor Yasin-Wawan Setyo Nugroho.

Hamid Wawan diusung oleh Koalisi Wonogiri Baru, yaitu gabungan PKS, PAN, PD, Gerindra dan PPP. “Ormas terbaru, Himpunan Masyarakat Peduli Indonesia (HMPI) menjadi pendukung acara wayang kulit ini,” Begug Poernomosidi.

Ke 14 dalang terdiri dari dalang yang berusia anak-anak sampai lanjut usia. Tujuannya adalah dalam rangka nguri-nguri budaya, hususnya Wayang Kulit. Wayang kulit telah ditetapkan sebagai kesenian dunia oleh Unesco. (baguss)