Mampu Turunkan Ongkos Naik Haji USD 502

0 102
Sosok Hj. Endang Maria Astuti SH. Sag.MHum
Sosok Hj. Endang Maria Astuti SH. Sag.MHum
INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Hj. Endang Maria Astuti tergolong sebagai aktifis perempuan tegas dan pemberani ketika berhadapan dengan kasus-kasus perempuan dan anak korban kekerasan dalam rumah tangga, seksual, kriminal dan permasalahan sosial lain, termasuk kemiskinan dan keterbelakangan pendidikan.
Itu dulu, ketika sebagai aktifif Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Aliansi Peduli Perempuan dan Anak di Wonogiri. Kini, meski sudah tidak aktif secara langsung di LSM (karena menjadi wakil rakyat di DPR RI), Endang masih saja peduli terhadap permasalahan sosial.
Simak saja, ketika duduk di komisi VIII, antara lain membidangi masalah haji dan umroh, Endang masih peduli memikirkan masalah sosial, kemiskinan. Ternyata setelah mendalami masalah haji dan umroh kurang lebih 5 bulan, banyak sekali calon jamaah haji (calhaj) berlatar belakang bukan sebagai orang kaya.
Banyak sekali calhaj bukan orang mampu secara materi, namun bisa berangkat haji. Ada tukang kebun, ada tukang tambal ban, ada penjaga pom bensin. Bahkan ada yang berprofesi sebagai pengemis. Karena keimanan dan ketaqwaanya. “Uang mereka tidak berlebih,” tandas Endang asli Wong Wonogiri ini.
Atas dasar itu, Endang (satu-satunya perempuan dari 38 wakil rakyat yang ditugasi mengurusi haji-umroh) maka yang pertama kali dipikirkan adalah Ongkos Naik Haji (ONH) atau sekarang dikenal Biaya Penyelenggarahan Ibadah Haji (BPIH). “Perjuangan kami adalah menurunkan BPIH,” tandas Endang.
Hasilnya, tahun ini BPIH turun USD ($) 502. Semula pada tahun 2014 ONH USD 3.219 (Rp.42,738 juta), kini menjadi USD 2.717 (Rp 36,07 juta) tahun 2015 ini. “Jadi turun sekira USD 502, kalau dikruskan dengan Rp.14.000 maka turun Rp.7.028.000,” tutur Endang, kemarin. (baguss)