Petani Dusun Seper dan Balairejo Resah Oleh Serangan Monyet

0 96

rapat muspika jatipurnoINFOWONOGIRI.COM-JATIPURNO-Petani di Dusun Seper dan Balairejo Kelurahan Balaipanjang Kecamatan Jatipurno akhir akhir ini resah. Menyusul kian banyak dan ganasnya serangan hama kera terhadap hasil pertanian mereka. Saking ganasnya serangan kera, para petani kini mengalami bera (gagal panen) karena hasil tanaman mereka dimakan dan dirusak koloni monyet tersebut.

Keluhan itu disampaikan oleh Ketua Kelompok Petani setempat, Sutarno dan Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sutarno, di hadapan para pejabat Muspika Kecamatan Jatipurno, Selasa (11/8) di halaman rumah Sutarno. Hadir para pejabat Muspika Jatipurno Camat Herdian, Kapolsek AKP Susilo SH, Danramil Suyatno, Lurah Balaipanjang Untung, Kades Girimulyo Suparman. Hadir pula para pegawai Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Wonogiri, Perhutani dan belasan perwakilan kelompok petani Dusun Seper dan Balairejo.

Perwakilan kelompok petani mengemukakan, bahwa hama kera telah merusak tanaman dan hasil pertanian mereka sejak tiga tahun terakhir ini. Utamanya pada setiap menjelang musim kemarau setiap tahun. Namun akhir akhir ini koloni kera ini kian banyak jumlahnya dan ganas cara merusakanya.

Tanaman petani yang dirusak, adalah tanaman palawija, jagung, pisang, petai, bahkan cengkeh. Modusnya, koloni monyet tersebut tidak hanya memakan buah tanaman-tanaman tersebut, tetapi juga merusak tangkai, batang pohonnya juga. Mereka datang bergerombol. Setelah memakan buah-buahan, mereka merusak tanaman. “Semisal anak pohon pisang saja dirusak,” kata Warno. Karena itu, kepada pejabat Muspika, Hutbun dan Perhutani, mereka meminta saran dan masukan bagaimana cara mengatasi hama kera itu?

Pada pertemuan tersebut, ditawarkan dua solusi mematahkan serangan hama kera. Antara lain, dalam jangka panjang, pemerintah akan membantu bibit tanaman buah buahan yang disukai kera. Tujuannya jika di hutan banyak makanan, maka kera tidak akan turun menyerang tanaman pertanian. Kedua, solusi jangka pendek, pemerintah bersama-sama petani akan bekerja bakti menghalau kera dengan berbagai cara dan alat. (baguss)