Pejabat Muspida Wonogiri Berkunjung Ke Wisata Air Terjun Watu Jadah

0 53
Perjalanan jalan kaki ke lokasi air terjun watu jadah
Perjalanan jalan kaki ke lokasi air terjun watu jadah

infowonogiri.com – JATIPURNO – Di Dusun Grenjeng Desa Girimulyo Kecamatan Jatipurno, ada wisata baru, yaitu Air Terjun Binangun Watu Jadah. Ketinggian kurang lebih 40 M. Di kanan kiri terdapat tebing batu yang alami tertata indah seperti batu candi. Airnya sangat jernih. Di sebelah kanan ada sumber mata air jernih keluar dari rembesan batu. Air itu dulu langsung diminum oleh para wali dan priyayi serta para abdinya, yaitu Sendang Moro Seneng.

Ada juga  Batu Loko Nonto, sebuah batu besar dan beberapa batu datar. Bebatuan ini seperti tempat duduk dan meja, sarana tempat pertemuan para wali untuk rapat dan tirakat laku broto (topo) untuk mencari wahyu Wisnu Indro Loko. Lokasi ini berada di sebelah selatan, di bawah air terjun. Sehingga terasa indah. Bisa untuk meditasi dan relalsasi dengan udara sejuk diiringi suara gemercik air.

watu jadahBatu Silo Condro Kirono, deretan batu kecil kecil seperti batu bata tertata indah alami. Berada di sebelah timur kali sepanjang 200 meter ketinggian 10 meter. “Di situ tidak di perbolehkan berkata jahat. Batunya tidak boleh di ambil, di pecah dan dibawa pulang,” kata Camat Jatipurno Agus Sarmanto. Juga terdapat Candi Singo Dalem di sebelah barat kali, berdekatan dengan batu Lokononto dan Batu Silo Condro Kirono.

Batu-batu ini tertata seakan terbentuk secara alami seperti sebuah candi. “Ceritanya di sini pernah sebagai tempat persembunyian binatang, singa,” kata Camat Jatipurno. Sendang Pelanggi menambah keunikan air terjun ini, yang tidak dimiliki oleh air terjun lain. Di sana ada pelanggi dapat terlihat jelas. Di bawahnya ada kolam air. Konon kolam ini untuk mandi Nyi Kembang Sore.

Sepanjang jalan Giri Mulyo masuk ke jalur wisata dapat terlihat pemandangan alam gunung, sawah terasiring dan hutan lebat. Kini telah tersedia bumi perkemahan yang baru dibuka di dekat Kali Pang dekat air terjun. Cocok untuk out bond dan petualangan jalan kaki menyusuri sunggai.

Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto bersama pejabat Muspida Wonogiri, Selasa (29/10) berkunjung ke sana, seusai penutupan TMMD ke 91 di Desa Girimurlyo. Bupati H Danar Rahmanto bersama istri, Ketua DPRD Wonogiri Wawan Setya Nugraha SSos, Kapolres Wonogiri AKBP Tanti Septiyani, Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inv Mirza Eka Junaidi bersama istri, Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri Saptono Setyawan SH. MHum. Perwakilan Kejari Wonogiri dan beberapa pejabat Muspika Wonogiri.[Bagus]