Persiapan Lebaran Obyek Wisata Girimanik Berbenah

0 40
Pintu masuk Wisata Girimanik
Pintu masuk Wisata Girimanik

infowonogiri.com – SLOGOHIMO – Obyek Wisata Air Terjun Giri Manik terletak di sisi utara kota Kecamatan Slogohimo. Selama ini kawasan Giri Manik menjadi puncaknya Wonogiri. Sejak awal bulan puasa mulai dilakukan perawatan jalan akses menuju grojogan (air terjun).

Perbaikan jalan bertujuan untuk persiapan menyambut lebaran 1434 H nanti. Perbaikan dilakukan di pada empat titik. Dimulai dari jalan masuk pos satu, pos dua dan tanjakan yang rata rata kerusakan jalan cukup parah. Dengan lubang  panjang tiga meteran.

“Menghabiskan dana sekitar Rp.6 jutaan,diambilkan dari dana  perawatan Disibudparpora bidang Pariwisata,” ujar Maryono selaku penunggu Pos Masuk Obyek Wisata Giri Manik, kemarin. Maryono menambahkan, tahun ini di obyek wisata Giri Manik tidak ada hiburan.

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, seperti dua tahun yang lalu setiap ada hiburanya pihak pengelola obyek wisata selalu merugi. Pasalnya pendatangnya kebanyakan penduduk sekitar, karena banyak yang sudah kenal maka pendatang domestik tersebut tidak dikenai biaya masuk lokasi.

Pada hari hari biasa pengunjung Wisata Giri Manik tidak ramai. Pengunjung kebanyakan datang pada hari Libur nsional atau hari Minggu. Jumlah pengunjung Giri Manik berkisar 70 hingga 80 orang. mereka pengunjung lokal dari Jatisrono, Purwantoro, Bulukerto, Slogohimo, dan sekitarnya.

“Kalau kalau hujan sepi, jumlah pengunjung hanya 10 sampai 15 orang. Harga tiket masuk per orang Rp.2000 ,-. Parkir sepeda motor Rp.1000,-, mobil Rp.3000,-,” katanya. Pada hari biasa, petugas Giri Manik ada tiga orang. Pada hari libur petugas jaga ada lima  orang. Terdiri dari petugas Dinas Pariwisata, Perhutani dan LMDH).[N420]