Mantan Hansip , Kini Naik Menjadi Direktur Perusda

1 234
Sumarjo Direktur PDAM Giri Tirta Sari Wonogiri | Foto Bagus
Sumarjo Direktur PDAM Giri Tirta Sari Wonogiri | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Namanya Sumarjo. Banyak orang memanggilnya, Mas Marjo atau Mas Marjoss. Ada juga yang memanggil Pak Marjo atau Pak Marjoss. Apappun panggilannya, tidak ada masalah. Yang penting tulus dan bersahabat. Marjoss pun akan menyambutnya dengan senyum.

Pria kelahiran asli Jatisrono, Wonogiri 16 Mei 1966 ini menjabat sebagai Direktur Perusahaan Daerah (Purusda) PDAM Giri Tirta Sari Kabupaten Wonogiri. Tidak mudah untuk meraih jabatan itu. Banyak lika liku laki laki bergelar magister manajemen sumber daya manusia di UMS ini.

Siapa sangka direktur PDAM ini adalah mantan Hansip. Ya, Hansip. Kala itu, dua puluhan tahun silam, alumni Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN. dulu APDN-red) ditugaskan menjadi hansip, sebagai Kepala Markas Wilayah Pertahanan Sipil (Kamawil Hansip) Kecamatan Kismantoro.

Kamawil Hansip, di bawah pemerintahan Orde Baru, Soeharto. Karena kinerjanya bagus, Marjos mendapat tugas belajar menempuh sarjana penuh (S1) di Institut Ilmu Pemerintahan (IIP). Setamat belajar dengan nilai kelulusan memuaskan, Marjos bukan mendapatkan tempat “enak”. Tetapi malah ditugaskan di wilayah terpencil.

Yaitu, sebagai Mantri Polisi Pamong Praja (MPPP) di Kecamatan Karangtengah. Karangtengah berbatasan langsung dengan Pacitan Jatim. Berjarak sekitar 50 KM dari rumahnya di Slogohimo. Kondisi jalan tanah liat bebatuan di wilayah pegunungan.

Seperti pesan orang tua, bekerja adalah ibadah. Marjo pun menerima tugas itu dengan amanah. Pesan orang tua nyatanya benar. Tidak lama kemudian, Marjos mendapatkan jabatan baru sebagai Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Jatiroto. Tidak lama kemudian menjadi Camat pertama di Tirtomoyo. Itupun hanya 10 bulan. Kemudian Bupati menugaskannya sebagai Camat Slogohimo.

“Sebagai Camat Slogohimo, cukup lama, 7 tahun,” kata ayah empat anak ini. Lalu, Marjo diangkat menjadi Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian (Perek) selama 3 tahun di Sekda Pemda Wonogiri. Secara otomatis Kabag Perek adalah Pembina Perusda. Membawahi PDAM, Giri Husada, Giri Tunggal, Bengkel Surya PD BPR BKK Wonogiri Kota, PD BPR Giri Sukadana, BPR Eromoko.

Sumarjo adalah suami dari Endah Umaryani (39 th), anggota Komisi B DPRD II Wonogiri, utusan Fraksi PDI-Perjuangan. Marjos-Endah dikaruniai empat anak. Dua anak cowok, dua cewek. Anak pertama kelas XII SMA, anak kedua SMP kelas VII, anak ketiga SD kelas 6, dan keempat TK.

Sumarjo sendiri anak ke empat dari tujuh bersaudara. Ayah-ibunya Toirejo (alm) – Sukinem. Orang tuanya adalah petani asli Wonogiri. Hal berharga dari orang tuanya adalah, mendidik anak-anaknya sabar, rajin belajar, dan tekun beribadah.

“Orang tua saya tidak bisa baca tulis, tetapi ayah dan ibuku rajin mengingatkan agar anaknya rajin belajar, tidak boleh malas belajar. Ayah ibu saya petani dan pedagang, tetapi cara berfikirnya cukup moderat,” kata Sumarjo.

Bukti keberhasilan Toirejo dan Sukinem adalah ke tujuh anaknya berhasil menjadi “orang”. saudara kakak dan adiknya mempunyai kedudukan dan menjadi wiraswasta. Salah satunya, Sumardi SH AU menjabat Kepala Provose di TNI AU di Jakarta.

Kunci kesuksesannya? “Ini pesan orang tua. Di manapun bertugas, hormati orang lain. Baik atasan maupun bawahan. Hormati orang tua,” pesannya. Sumarjo sendiri tidak punya cita cita husus. Dalam bekerja ia mengalir seperti filsafat air. Iklas dan sabar. Tegar seperti ombak tak terputus.

Sebagai Direktur PDAM, Sumarjo ingin meningkatan pelayanan, memperluas cakupan layanan dengan menambah jaringan, serta meningkatkan kesejahteraan karyawan. “Jika itu tercapai sudah ideal sekali,” katanya. Ia membawahi sekitar 260 orang, dan pelanggan kurang lebih 27 ribu.

Program itu estafet dari pendahulunya, Suharno. Landasan yang dicanangkan Suharno sudah cukup kuat di bidang manjemen. “Jika perlu penambahan, hanya butuh akselerasi saja lah,” katanya. Semasa PDAM dipimpin Suharno, programnya telah sejalan lurus dengan Pengawas Perusda yang kala itu dipimpinnya.[Bagus]

error: Content is protected !!