MGM Tanam 10,000 Bibit Tanaman Produktif

0 54
MGM tanam 10.000 Bibit Tanaman Produktif | Foto bagus
MGM tanam 10.000 Bibit Tanaman Produktif | Foto bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Masyarakat Desa Sendang bersama MGM (masyarakat gajah mungkur) menanam 10.000 bibit tanaman buah buahan di hutan lindung Perhuti di Dusun Saka Gunung Sendang Kecamatan Wonogiri, Kamis (31/1/13).

Hutan lindung  milik Perhutani ini terletak di petak 15 D, seluas 11,2 hektar. Selama  ini hanya ada tanaman akasia sejenis akasia kalifornis dan semakbelukar berupa rerumputan liar yang tumbuh di sana. “Pohon akasia ini ditanam pada tahun 1986 silam,”  ujar Sukatno selaku petugas perhutani KRPH Cubluk, BKPH Wonogiri, KPH Surakarta di lokasi penanaman

Ketua organisasi MGM Bondan dan Pembina MGM mbah Bomo, dalam sambutanya menjelang penanaman menjelaskan   penanaman bibit buah buahan ini bertujuan untuk menanggulanggi serangan hama kera pada saat musim kemarau tiba. Karena selama ini musim kemarau kawanan kera turun ke pemukiman warga memakan hampir semua hasil pertanian.

Bahkan bekal makanan warga pun terkadang juga ikut dirayah oleh gerombolan kera. Perlu diketahui juga, kera kera ini di kala datang tidak hanya satu atau dua ekor kera. Tetapi pasukan mereka mencapai puluhan bahkan hingga ratusan.

Penanaman dimulai dari pagi hari dipimpin langsung oleh Pembina MGM mbah Bomo, diikuti hampir 200 orang dari masarakat sekitar dan anggota kemasarakatan MGM. Tampak hadir juga dari petugas Perhutani dan Kepala Desa Sendang Budi Hartono selaku Kepala Desa Sendang.

Bibit pohon yang ditanam meliputi bibit buah talok, jambu biji, petai, jambu mente, dan  jambu air. Semua bibit tanaman dari pembibitan sendiri MGM, dan juga bantuan masyarakat sekitar seperti dari PKK, Karang Taruna dan warga. “Rencananya nanti penanaman tidak hanya di sini saja tetapi akan kita kembangkan /perluas di daerah pinggir hutan,” ujar Bondan saat di wawancarai infowonogiri.com .[nano]