Endang Riyadiningsih , Pengurus Koni Wonogiri

0 251
Endang Riyadiningsih | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Namanya cukup di kenal di kalangan pecinta olah raga dan dinas pendidikan Kecamatan sampai di Kabupaten.

Itulah sosok Endang Riyadiningsih. Sebab selain sebagai pengelola PAUD (pendidikan anak usia dini) Marsudirini, Endang juga pengurus di KONI Wonogiri.

Endang juga menjadi Ketua PERWOSI (Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia) Kabupaten Wonogiri, serta sebagai Ketua Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kabupaten Wonogiri.

Perempuan asli kelahiran Wonogiri 19 Agustus 1949 ini tinggal di Alamat Jl Kutilang III/24 Cubluk Giritirto Kecamatan/Kabupaten Wonogiri. Sebelum sibuk berorganisasi, dia adalah atlet tenis meja dan volly Provinsi Jawa Tengah, sewaktu masih anak anak sampai remaja.

Setelah dewasa, wanita berkulit putih ini adalah abdi negara. Dinas terakhir sebagai Wakil Panitera Pengadilan Negeri Salatiga, sampai pensiuan. Semasa masih Dinas, Endang sebagai seorang ibu, mempunyai hoby menjadi pendidik.

Keiningannya kemudian terkabul, yaitu mendirikan lembaga pendidikan untuk anak usia dini. Harapannya, Endang mampu mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia di internasional melalui pendidikan PAUD dan TK.

“Harapan kami sebagai ibu pendidik, anak didik kita sehat jasmani dan rohani. Anak didik yang cerdas, berkualitas dan berbudi luhur,” katanya. Dalam organisasi di Wonogiri, Endang menduduki jabatan sebagai Ketua Perwosi (Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia) sejak berdiri tahun 1967.

“Saya juga ngurusi pingpong (tenis meja) terus sejak tahun 1989, sampai sekarang,” kata Endang. Tidak hanya berbicara dan berorganisasi, Endang mengaku aktif berolahraga, sehingga tampak jiwa dan raganya tetap segar dan sehat. Endang nyaris seperti tidak tampak usainya telah mencapai 63 tahun.

Karena itu, Endang baru saja menggandeng Dinas Pendidikan Kabupaten, Perwosi dan PAUD se Wonogiri menggelar berbagai kegiatan untuk menyambut Hari Ibu ke 84 Tahun. Tema yang diusung adalah “Semangat Hari Ibu Perwosi Kabupaten Wonogiri Untuk Anak Agar Cinta dan Gemar Berolahrga” di Gor Giri Mandala Wonogiri Kota, Jumat (14/12) kemarin.

Antara lain pelatihan instruktur (pelatih) “senam seribu” untuk pendidik PAUD/TK/KB. Dimeriahkan pentas drum band dari TK Kanisius, Kreatifitas Gerak dan Lagu Pos PAUD Marsudi Rahayu (Pos Pamara), Senam Bersama Porpi, Organisasi Wanita Kelompok Senam Dalam Kota.

Acara tersebut diikuti oleh ratusan peserta anak anak maupun orang tua, terutama wanita. Lomba senam diikuti oleh 61 kelompok. Perkelompok  terdiri dari enam orang. Peserta PAUD 28 sekolah, TK 37 sekolah, SD 14 sekolah, ditambah dengan peserta spontan sebanyak 32 orang.[bagus@infowonogiri.com]