Sosok Ladimin Kadus Semen Desa Semin Kec.Nguntoronadi

0 142
Ladimin Kadus Semen Desa Semin Kecamatan Nguntoronadi | Foto : Bagus

infowonogiri.com- NGUNTORONADI – Namanya Ladimin. Umurnya 53 tahun. Belakangan, menjadi orang paling sibuk ngurusi halaman rumah tetangganya, bahkan sampai mengurusi dapur rumah tangga orang lain. Itu dilakukan tidak hanya terhadap satu orang, tetapi warga se Desa, yaitu Desa Semin Kecamatan Nguntoronadi.

Apa itu?. Ayah satu anak perempuan Astiwi Ratnasari (18), itu ingin membantu menyukseskan swasembada pangan yang diprogramkan Gubenur Jateng, dan ingin menyukseskan menteri pertanian RI dalam dua hal; yaitu surplus beras 10 juta ton 2014 dengan menghemat beras, dan program penganekaraman pangan (diversifikasi pangan).

Caranya? Suami satu istri Sarti (54) menjawab, pertama mewajibkan warga Desa Semin makan thiwul dua hari sekali. “Yaitu setiap hari Senin dan Kamis wajib makan thiwul,” kata Ladimin. Kedua mewajibkan warganya menanam tanaman produktif seperti sayur mayur dan buah buahan di halaman rumahnya, semaksimal mungkin. Dan ketiga mewajibkan warganya berternak.

Ingin Sukseskan Gubernur Jateng dan Menteri Pertanian

Sukseskah? Pekerjaan itu tentu tidak mudah. Jumlah warganya yang mencapai 314 pria 150 dan 164 wanita tentu berbeda satu sama lain karakternya. Dimulai dari Dusun Semen Desa Semin Kecamatan Nguntoronadi, Ladimin mulai menitinya sejak dua tahun silam. “Saya senang membuat kejutan. Gubernur datang ke sini warga juga baru saya kasih tahu dua hari sebelumnya,” katanya.[bersambung][bagus@infowonogiri.com]