Hj. Tinem Darmo Sutarno Berpulang Ke Rahmatullah

0 167
(Almh)Ibu Hj. Tinem Darmo Sutarno| Foto:Bagus
(Almh)Ibu Hj. Tinem Darmo Sutarno| Foto:Bagus

infowonogiri.com-WONOGIRI-mulai pagi hingga siang hari, Selasa (29/5) ribuan orang berpakaian warna gelap silih berganti datang dan pergi dari rumah duka Hj Tinem Darmo Sutarno (83) di Dusun Kentheng Desa Ngadirojo Kidul Kecamatan Ngadirojo.

Sebagian pelayat duduk di kursi yang tertata rapih di bawah kajang (tenda) yang berada persis di pertigaan Kota Kecamatan Ngadirojo. Tampak sebagian pelayat masuk ke dalam rumah duka. Sebagian lain duduk di dekat peti jenasah, membaca yasin dan tahlil.
Sebagian lain melihat langsung jenasah Hj Tinem Darmo Sutarno yang terbungkus kain kafan dibaringkan di dalam peti kayu jati berukir berwarna coklat melamin. Peti tersebut membujur ke utara dan selatan. Sebagian tutup peti telah terbuka.
Tampak wajah jenasah Hj Tinem Darmo Sutarno terpejam, mulutnya terkatup rapat, dua lubang hidungnya tertutup kapas. Di sisi utara peti mati terdapat dua botol pewangi, lampu teplok, mangkok berisi beras kuning campur uang pecahan logam dan bunga melati.
Sebagian melaksanakan fardu kifayah shalat jenasah. Antara lain Ketua DPD PKS Dewaky Hendri Astantono S.Pt MA dan pengurusnya, anggota Fraksi PKS DPRD Wonogiri Ahmad Zarif SE, dan sejumlah kerabat dekat dan para pegawai Pemda Wonogiri.
Tampak pula keluarga besar tujuh anak dan menantu Hj Tinem Darmo Sutarno, yakni mantan Sekda Pemda Wonogiri Drs Mulyadi MM-Widyawati artis Sinetron dan Pengelola Butik, Hj Mamik Sutarmi-Drs H Sumaryoto Anggota DPR-RI, Karmiyati wiraswasta,  Hj. Sri Sukatni – Drs H. Priyadi Hartoyo MM wiraswasta dan pengusaha, H Margono-Kristina.
Tampak pula para cucu wayah berjumlah 17 orang, dan buyut yang berjumlah enam orang, kerabat dan handaitaulan bergantian menyolatkan di ruang utama rumah duka, tempat pemilik pengusaha enam SPBU dan PO Tunggal Dara di Kabupaten Wonogiri itu.
Tampak hadir pula Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto bersama masyarakat dusun Kenteng Ngadirojo Kidul dan pegawai Pemda Wonogiri, Sutarno-Daryanti, H Sutardi B.Sc – Hj Amiek Sutardi, serta sejumlah pengusaha perbankan dan lainnya. Puluhan karang bunga ucapan bela sungkawa tertata di tepi jalan sekitar rumah duka.
Pada pukul 13.45 ritual upacara pemakaman dimulai. Sebelum diberangkatkan ke pemakaman, dijelaskan Hj Tinem meninggal dunia, Senin pahing (28/5) pukul 14.00 di RS Kasih Ibu Solo. Almarhumah meninggal karena sakit tua, opname cukup lama di ICU RS Kasih Ibu.
Sebelum pemakaman dilakukan upacara ritual. Tujuh anak 17 wayah dan enam buyut berjalan menerobos dari bawah petik jenasah almarhumah sebanyak tiga kali. Kemudian jenasah dibawa menuju masjid Al Ittihad Kaliampuh Ngadirojo untuk disolati lagi, bertindak sebagai iman shalat jenazah adalah Drs H. Rosyidi Masyhur.

Selanjutnya jenasah dimakamkan di Hastanalaya Kecik Randusari Ngadirojo Kidul Kecamatan Ngadirojo. Semasa hidupnya beliau adalah pemilik dari 6 SPBU di Wonogiri dan pengusaha PO Tunggal Dara. Almarhumah juga kerabat dari Bupati Wonogiri H. Danar Rahmanto.[Bagus@infowonogiri.com]

error: Content is protected !!